Home » , , » Cara mengganti background blog paling mudah diterapkan

Cara mengganti background blog paling mudah diterapkan

Mengganti Background Blog merupakan salah satu cara untuk mempercantik tampilan blog itu sendiri.dengan harapan pengunjung atau visitor bisa berbetah lama-lama menggali informasi dalam postingan blog Anda.bukankah itu salah satu keinginan dari setiap webmaster atau blogger?sehingga rasio pentalan (Bounce Rate) bisa diminimalisir.meskipun terkadang visitor tidak ambil pusing dengan tampilan blog yang sedang mereka kunjungi.😁

Bagi Blogger pemula masalah ganti latar belakang blog tentu menjadi masalah tersendiri.tak lain dan tak bukan hal tersebut disebabkan minimnya pemahaman akan tampilan dan kode-kode penyusun blog tersebut.bisa dimaklumi karena masih berstatus pemula.oleh sebab itu,tidak ada salahnya kalau Saya akan berbagi cara mengganti background blog dengan mudah.perlu diketahui juga bahwa background tersebut bisa diganti dengan gambar buatan sendiri dengan jenis yang bermacam-macam disesuaikan dengan selera Anda,bisa menggunakan jenis animasi atau yang lainnya.

Dari pengalaman Saya ngeblog,untuk mengubah bagian paling belakang blog ini ada dua macam cara.
yang pertama adalah melalui perancang themplate yang di sediakan blogspot dan yang kedua adalah dengan mengedit sendiri dengan kode html di dalam template.

Berikut ini akan saya bagikan dua cara mengganti background blog tersebut :

1. Menggunakan perancang template blogger


Untuk menggunakan cara ini,biasanya hanya berlaku pada themplate bawaan blogger.jadi jika Anda menggunakan template hasil download abaikan cara pertama ini karena statusnya tidak berlaku.

Tapi jika Anda termasuk blogger yang lebih enjoy dengan template bawaan blogger,Anda bisa mempraktikkan cara mengganti background blog dengan gambar sendiri berikut ini :

    langkah-langkah mengganti background blog
  1. Masuk atau login ke akun blogger Anda terlebih dahulu
  2. Pilih blog yang akan Anda ganti backgroundnya.pada menu samping pilih Theme selanjutnya pilih Costumize arau Sesuaikan,tergantung pada bahasa apa yang Anda gunakan pada dashboard blogger.
    lihat gambar!

  3. setelah masuk ke fitur perancang template blogger.silahkan Anda pilih Background atau Latar Belakang.
    Setelah itu akan muncul layar pop up,kemudian pilih Upload lanjut dengan Choose File.
    Langkah terakhir klik Selesai.
    lihat gambar!


    Pilih gambar mana yang ingin Anda gunakan sebagai latar belakang,tentunya gambar harus sudah di sediakan sebelumnya.file gambar bisa berupa file JPG, GIF, atau PNG yang berukuran sampai 300k.Untuk background penuh, gunakan gambar 1800x1600 atau lebih,karena jika ukuran gambar di bawah ukuran tersebut akan tersusun menjadi beberapa bagian.

    Maksud tersusun dalam beberapa bagian itu,gambar tidak berupa satu gambar penuh seutuhnya,tapi gambar yang Anda upload akan tersusun menyesuaikan lebar blog secara keseluruhan.

    Saya ambil contoh,kalau lantai rumah Anda di buat dari susunan bahan keramik,kabin atau marmer,dan sejenisnya.tentu tidak hanya butuh satu saja bukan?pasti membutuhkan banyak bahan yang akan di susun menjadi lantai rumah Anda.

    Nah seperti itu juga jika gambar yang Anda gunakan berukuran di bawah 1800x1600,akan tersusun seperti bahan lantai rumah tersebut.maka jika menginginkan background satu gambar penuh,buatlah gambar yang ukuranya 1800x1600 atau lebih.bagaimana...faham maksud saya kan?

2. Mengganti background blog dengan edit template.


Cara mengganti background blog yang kedua ini bisa diterapkan di semua template.baik template bawaan blogger atau hasil download-an.berikut ini caranya :

    Mengganti background dengan edit HTML
  1. Siapkan dulu gambar yang ingin Anda gunakan.tentunya harus di hosting dulu gambarnya,karena yang akan di pakai adalah Url nya saja.
    untuk cara hostingnya silahkan Anda baca Cara Hosting Gambar Paling Mudah dan Gratis
  2. Kemudian pada dashboard blog Anda pilih Themplate,lanjutkan dengan klik Edit HTML,maka akan tampil deretan susunan kode HTML template blog Anda seperti gambar di bawah ini.

  3. Langkah selanjutnya cari kode seperti di bawah ini.untuk lebih mudahnya tekan CTRL+F dan cari #navbar-iframe :
    #navbar-iframe{height:0;visibility:hidden;display:none} body{background:#222 url(https://3.bp.blogspot.com/-TRxaIvU3IEs/WLVXYP_swoI/AAAAAAAAFWU/F56wRa8p688kmBYDyRSPSPL7vgqKO5dRwCLcB/s1600/Berita%2Bdan%2Bjadwal%2Barsenal.jpg) repeat;color:#444;height:100%;font-family:Arial, Helvetica, Tahoma, sans-serif;font-size:14px;font-weight:400;line-height:22px;text-decoration:none;margin:0;padding:0} a,a:link,a:visited{color:#2560aa;text-decoration:none}
    Ganti Url gambar berwarna merah tersebut dengan Url yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.dan langkah terakhir adalah klik Save atau Simpan.

Nah,demikianlah Cara mengganti background blog dengan gambar sendiri,mudah bukan?.Sekarang langsung saja praktekkan di blog Anda agar tampilan blog tampak lebih menawan.😁

Terima kasih atas kunjunganya,mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya.jika tidak bermanfaat ya abaikan saja.😀....happy blogging Anda....!
Anda baru saja membaca : Cara mengganti background blog paling mudah diterapkan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment