Home » , » Dampak penggunaan media sosial

Dampak penggunaan media sosial


Tak ayal lagi,kini media sosial menjadi alat paling ampuh untuk menjaga shilaturrahmi di antara sahabat.dengan media sosial,sahabat lama bisa ketemu lagi,sahabat yang jauh kini mendekat lagi,jarak dan waktu di pangkas oleh media sosial.

Selain itu,dengan semakin nge-trend-nya media sosial.berita dan kejadian di belahan dunia lain bisa di ketahui hanya dalam hitungan detik.karena hampir semua penggunanya berlomba-lomba menjadi orang yang pertama kali berbagi berita suatu kejadian yang sedang berlangsung.

Dan,bisa di pastikan bahwa hampir semua individu yang hidup di era modernisasi informasi dan teknologi ini,minimal memiliki satu akun media sosial.baik itu facebook,twitter,google plus,whatsapp,blackberry massanger,line dan masih banyak lagi media sosial yang tentunya akan memperpanjang artikel jika di cantumkan di sini.

Kalau dari hasil penelitian saya pribadi,semakin ngetrend-nya media sosial ini ada beberapa efek yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari,baik itu efek positif maupun efek yang negatif.

Setelah melakukan pengamatan beberapa waktu lamanya,hehehehehe....
Saya pun dapat mengidentifikasi beberapa efek/dampak penggunaan media sosial.
Berikut ini beberapa efek penggunaan media sosial hasil pengamatan saya :

DAMPAK POSITIF MEDIA SOSIAL :

→ Sahabat yang lama terpisah bisa ketemu dan berkomunikasi lagi.tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

→ Berita dan kejadian di daerah atau bahkan di belahan dunia lain bisa di ketahui dalam hitungan detik.

→ Ilmu pengetahuan lebih mudah di cari dan di peroleh dari berbagai sumber.tidak harus bertatap muka langsung dengan guru atau sang empunya ilmu.kalapun harus bertatap muka,dengan live stremming pun jadi.karena hampir semua media sosial medukung layanan ini.

→ Berkenalan dan berkomunikasi dengan idola atau orang-orang terkenal pun bisa di lakukan dengan menggunakan jasa media sosial.

DAMPAK NEGATIF MEDIA SOSIAL

→ Alih-alih mendekatkan sahabat yang jauh agar semakin dekat,sahabat dekat pun kian menjauh.tidak sedikit mereka yang berdekatan dan masing-masing saling kenal malah seakan-akan jauh dan tidak saling kenal.karena mereka di sibukkan dengan gadgetnya masing-masing.

→ Banyak membuang waktu.percaya atau tidak,dengan menggunakan media sosial ini memang membuat kecanduan.mereka rela berlama-lama dengan media sosial,yang jika lost control bisa menghabiskan waktu yang berlebihan.sehingga waktu yang seharusnya bisa di manfaatkan untuk kegiatan offline yang positif terbuang sia-sia.

→ Memupuk jiwa penghayal.pada poin ini saya pribadi juga sempat terjangkit,bersok-sok-an layaknya orang top,padahal realitanya biasa-biasa saja,tidak begitu istimewa-istimewa amat.

Berlagak Ustadz padahal bejat,berlagak Ulama padahal ngelamak(nyleneh),berlagak konglomerat padahal melarat,berlagak kaya ilmu padahal miskin ilmu,dan semacamnya.semua itu di lakukan untuk sekedar menarik perhatian,khususnya lawan jenis agar tampak wooowwwww.......😁😁😁.kalau boleh di ibaratkan,saat off line kucing,on line tiba seperti singa atau kucing yang berbayangan singa.

→ Hilangnya sopan santun.kalau soal ini saya sendiri sedikit iba,banyak pengguna sosial sering kali berkata/menulis dengan kata-kata dan ungkapan kasar,hanya karena berbeda pendapat,berbeda pemahaman,berbeda pilihan politik.
Tidak hanya kepada teman sepantaran,kepada mereka yang jauh lebih tua pun tidak ada rasa hormat sama sekali.

Bisa saya contohkan dewasa ini.para Ulama pun tidak luput dari caci maki dan umpatan,hanya karena beda pendapat.tanpa berpikir terlebih dahulu seberapa kemampuan keilmuan bidang agama yang di miliki,mereka dengan tanpa beban menyalahkan dan menistakan para Ulama tersebut.padahal jika di bandingkan tingkat keilmuan dan kemanfaatan bagi sesama tampak gamblang jauh berbeda.

Nah,untuk sementara ini yang bisa saya tuliskan.sebenarnya masih banyak sekali dampak yang dj akibatkan media sosial,baik dampak yang positif maupun negatif.
Tapi,karena waktu sudah larut malam,baiknya di sambung di lain kesempatan.

Thanks for reading & sharing Dampak penggunaan media sosial

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment