Home » , , » Cara Memasang Halaman Facebook di Blog AMP

Cara Memasang Halaman Facebook di Blog AMP

Blog AMP (Accelerated Mobile Page) sekarang menjelma menjadi primadona bagi blogger.banyak blogger yang berlomba-lomba migrasi ke blog AMP.tidak sedikit pula yang membuat blog baru demi menggunakan fitur baru dari Google ini.Pada hasil pencarian,blog Accelerated Mobile Page ini akan di tandai dengan ikon petir.

Saya juga tidak luput dari tren baru dunia blogging ini.namun,saya putuskan untuk membuat blog baru,karena terlalu ribet jika harus mengedit semua kode HTML blog yang lama.maklumlah....agak malas otak atik.hehehehe......jika Anda juga ingin membuat blog AMP,silahkan baca Cara Mudah dan Lengkap Membuat Blog AMP

Masalahnya,ada kode-kode HTML yang tidak kompatibel dengan blog amp.salah satunya adalah script Facebook Fanspage yang lazim di pasang pada blog,oleh sebab itu kita harus menggunakan AMP IFRAME untuk meletakkan gadget ini.tapi,sebelumnya kode script harus di hosting dulu pada situs pihak ketiga,seperti Github.com dan Rawgit.com.

Jika Anda masih kesulitan,maka berikut ini akan saya shaae cara mudah memasang Halaman Facebook pada Blog Amp.

Namun Sebelum mengulas secara terperinci bagaimana cara pembuatannya,tidak ada salahnya saya akan sedikit mebahas manfaatnya juga.

Facebook adalah salah satu media sosial terpopuler di dunia.faktor ini yang memungkinkan Blogger ingin Memasang facebook fanspage di dalam blog mereka.dengan harapan akan mampu menarik kunjungan dari facebook sekaligus mendapat pengunjung loyal pada blog mereka.

Mengapa dan apa pentingnya memasang Fans Page ini?

Seperti yang sudah saya singgung di atas,bahwa dengan memasang fans page kesempatan mendatangkan pengunjung dari facebook akan semakin besar.selain itu,tingkat kredibilitas blog di mata pengunjung juga akan meningkat.

Kalau boleh saya asumsikan,hubungan timbal balik antara halaman facebook dan Blog atau Website,keduanya merupakan dua simbion yang saling berinteraksi dan masing-masing mendapatkan manfaat dari interaksinya tersebut.

Kalau di dunia tumbuhan,interaksi model seperti ini biasanya di sebut symbiosis Mutualisme,karena keduanya saling menguntungkan satu sama lain.

Dengan memasang Fanspage di dalam blog maka fanspage tersebut akan berpotensi mendapat Follower dari pengunjung blog,dengan harapan,Follower ingin mendapat postingan terbaru dari Blog tersebut.

Lalu apa keuntungan yang akan di peroleh Blog?

Blog akan mendapat kunjungan dari Follower Halaman Facebook melalui postingan yang di update.selain itu,blog juga akan mendapat pengunjung setia dari facebook.

Namun,tidak semua Blogger memanfaatkan fitur ini.alasanya akan memperperberat loading blog,yang pada akhirnya akan berdampak negatif bagi SEO Blog itu sendiri.karena menurut pendapat beberapa webmaster yang saya ketahui,blog yang kecepatan Loadingnya terasa berat akan sedikit "terpinggirkan" oleh mesin pencari.Meskipun,alasan tersebut tidak 100% kebenaranya.Saya bisa bilang demikian karena terbukti banyak sekali master blogger yang memasang fanspage facebook di blognya,dan masih tetap bisa eksis pada halaman pertama hasil pencarian.

cara memasang facebook fan page di blog amp

Nah....Sekarang saatnya Anda ambil keputusan,tetap ingin memasang Fanspage di blog Anda atau tidak?

Jika Anda ingin tetap memasangnya,silahkan ikuti cara memasang Facebook Fans Page khusus untuk Blog AMP berikut ini :

  1. Silahkan Anda masuk ke akun Blogger
  2. Selanjutnya pilih Tata Letak
  3. Kemudian pada sidebar atau footer,Anda pilih Add Gadget,cari dan klik HTML/Javascript,dan Copy Paste kode di bawah ini di dalamnya :
    <amp-iframe width="300"
    height="214"
    sandbox="allow-scripts allow-same-origin allow-popups"
    frameborder="0"
    scrolling="no"
    src="https://cdn.rawgit.com/Artasindonet/kopralFP/5d0ed2c3/kopralkoclok.html?page=LETAKKAN ID FAN PAGE DISINI">
    </amp-iframe>
    Ganti dan sesuaikan tulisan berwarna merah dengan ID fan page yang ingin Anda gunakan.
  4. Langkah terakhir klik Simpan

Hasil pemasangan fitur Fanspage kode tersebut akan menampilkan tombol Like,Jumlah Follower,Massage,Time Line,dan Events.(Lihat gambar di atas)

Oooh....ya.....perlu Anda perhatikan bahwa,Setiap kali menbahkan Gadget di dalam blog,maka secara otomatis akan muncul ikon obeng (Lihat gambar di atas) untuk meng-edit gadget tersebut.

Karena kita di sini menggunakan blog AMP,ikon yang saya maksud di atas wajib di hapus agar tidak menyebabkan error dan blog akan tetap lulus uji AMP VALIDATOR.

Berikut ini Cara menghilangkan ikon obeng tersebut.pada edit HTML Themplate cari dan hapus kode ini
<b:include name='quickedit'/>.jangan lupa,hapus kode tersebut setiap kali menambah gagdet baru.

Terima kasih atas kunjunganya dan selamat ngeblog ria...........

Thanks for reading & sharing Cara Memasang Halaman Facebook di Blog AMP

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment