Home » , , » Cara Mengalihkan Komentar Spam

Cara Mengalihkan Komentar Spam

Cara Mengalihkan Komentar Spam di Postingan Blog


Komentar spam memang bisa diantisipasi dengan cara melakukan moderasi terlebih dahulu untuk setiap komentar yang masuk ke postingan blog,namun adakalanya sedikit membuat kerepotan jika jumlah komen yang masuk berjejalan,karena harus memilah satu persatu mana komen yang perlu dipublish atau yang seharusnya di delete.Pengalihan komentar Spam yang Saya maksud disini adalah yang menautkan link aktif.

Apabila Anda mengalami masalah klasik seperti ini,dan tak mau bersusah payah menghilangkan satu persatu komentar tersebut,maka Anda boleh memakai tips berikut ini :

Tips mengalihkan komentar yang menyertakan link aktif didalamnya bisa Anda lakukan,jika Blog Anda sudah banyak mendapat kunjungan,serta mendapat banyak respon yang banyak pula.

Tentunya hal tersebut layak disyukuri.itu artinya Blog yang Anda kelola sudah memiliki reputasi yang bagus di mata mesin pencari dan juga peselancar dunia maya.

Dengan banyaknya pengunjung yang datang,bisa dipastikan akan semakin meningkatkan antusias Anda dalam mengelola blog.setidaknya itu yang Saya rasakan.Sehingga dalam membuat Blog tidak terkesan sia-sia.

Pengunjung blog yang berjibun akan berbanding lurus dengan komentar-komentar yang masuk.baik komentar yang berisi saran dan masukan,maupun komentar untuk mengajukan pertanyaan dari topik yang mungkin masih belum bisa di fahami oleh pengunjung.

Namun akan menjadi masalah jika komentar yang masuk di sertai dengan tautan link aktif.biasanya tautan tersebut berupa keyword tertentu yang tidak relevan dengan topik yang di bahas dalam postingan blog.dengan tujuan untuk menarik pengunjung ke situs si komentator.

Komentar model seperti itu,oleh Google di kategorikan sebagai tindakan Spam.efeknya tentu akan menurunkan reputasi blog yang berisi komentar spam di mata pengunjung dan mesin pencarian.selain itu,menurut pakar SEO,komentar spam bisa menurunkan ranking SERP sebuah blog.

Terus solusinya bagaimana?

Solusi untuk menghindari komentar Spam seperti yang sudah Saya singgung diatas,bahwa Anda harus lebih selektif dengan menghapus satu persatu komentar masuk yang berisi tautan aktif tersebut dengan mengaktifkan moderasi komentar sebelum di publikasikan.

atau bisa juga menggunakan cara yang seperti Saya gunakan di blog ini,yakni dengan mengalihkan semua link aktif ke URL yang kita inginkan.Misalnya setiap Url yang ditautkan dialihkan ke Beranda atau salah satu postingan di blog Anda.

Cara Mengalihkan Komentar Spam Secara Otomatis


  1. Silahkan Anda masuk ke akun Blogger
  2. Kemudian Klik Tema atau Themplate,lanjut dengan Edit HTML
  3. Cari kode </head> dan letakkan script berikut ini tepat di atas kode </head> tersebut.
    <script type='text/javascript'> jQuery(document).ready(function(){ jQuery(&quot;#comments p a&quot;).attr(&quot;href&quot;, &quot;https://artasindo.com/&quot;); }); </script>

    Lihat Gambar.....

    cara mengalihkan komentar spam
    Keterangan :
    • ganti link yang berwarna merah (https://artasindo.com) dengan link yang ingin Anda jadikan sebagai link tujuan.Saran Saya lebih baik arahkan ke halaman utama atau beranda blog Anda saja.

Pengaturan Tambahan :

Setelah langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan,maka selanjutnya adalah mengatur lokasi komentar.
  1. Masuk ke akun Blogger
  2. Pilih setelan
  3. Pilih Pos dan Komentar

    agar cara ini bisa bekerja dengan maksimal,maka pilih lokasi komentar Tersemat atau Embeded.

    Lihat Gambar....

    cara mengalihkan komentar spam ke link tertentu
  4. Langkah terakhir,klik simpan pengaturan di pojok kanan atas dashboard blogger.

Jika sudah selesai,maka nantinya setiap link aktif yang ada di dalam komentar blog akan otomatis di alihkan ke link tujuan yang sudah Anda tetapkan.

Meski cara ini tidak otomatis memberi efek jera kepada para spammer,namun Dengan cara ini,setidaknya akan membantu meringankan beban kita untuk menyeleksi setiap komentar yang masuk di postingan Blog Anda.
Anda baru saja membaca : Cara Mengalihkan Komentar Spam

Artikel Terkait

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment