Home » , » Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

faktor penyebab terjadinya insomnia

Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

Sobat pernah mengalami insomnia?tentu sangat tersiksa bukan?.setidaknya itu pengalaman saya.rasanya sungguh menyiksa pakai banget,coba bayangkan saat tubuh benar-benar lelah,mata juga rasanya ingin segera terpejam,namun tetap saja mengalami kesulitan untuk tidur.kelainan seperti ini lazim di sebut insomnia.

Insomnia merupakan gejala kelainan yang di alami seseorang,dalam hal ini adalah kesulitan untuk tidur.banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya Insomnia ini.Untuk itu,kita tentu harus tahu apa saja sih faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk tidur?.

Oleh sebab itu,kali ini saya ingin sekali menulis tentang penyebab seseorang bisa terjangkit insomnia ini.dengan mengetahui penyebabnya kemungkinan besar kita akan tahu bagaimana cara menemukan solusinya.

secara garis besar faktor penyebab insomnia ini terbagi menajadi 3 jenis.yakni faktor psykologis,faktor biologis dan faktor Lingkungan.

✔ Faktor Psykologis yang Menyebabkan Insomnia

Faktor Psikologis ini berkaitan dengan bagaimana pikiran bekerja,berpikir sehingga mempengaruhi perilaku seseorang.

Seseorang yang sedang mengalami banyak problema kehidupan,tentu akan di paksa untuk memforsir kerja otak,apabila berlebihan bukan hal mustahil jika orang tersebut bisa mengalami insomnia,gangguan kejiwaan,stress,depresi,bahkan bisa saja gila jika tidak segera di tanggulangi.

Gangguan-gangguan psikologis yang menjadi sebab musabab terjadinya insomnia antara lain :

  • Perasaan takut Mengalami gangguan tidur seperti Mimpi buruk, Sleep paralys,
    ataupun Sleep walking
  • Merasa Cemas, Takut, Paranoid
  • Mengalami gangguan mental seperti Bipolar, Skizofrenia dan lain lain
  • Terlalu banyak mendapatkan tekanan bathin.bisa karena deadline dalam pekerjaan,dan lain-lain
  • Rasa Khawatir, Stres, dan Depresi


✔ Faktor Biologis yang Menyebabkan Insomnia

Faktor biologis juga berperan untuk menyebabkan seseorang mengalami insomnia.salah satunya adalah faktor usia.karena menurut para ahli bahwa seseorang akan lebih rentan mengalami insomnia jika usianya semakin tua.

Selain itu Jet lag juga sering kali menyebabkan insomnia.seseorang akan mengalami perasaan kelelahan dan kebingungan efek dari perjalanan udara yang panjang,sebagai akibat dari ketidak-mampuan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan zona waktu yang berbeda hanya dalam hitungan jam saja.

faktor biologis lainnya meliputi :

  • Terlalu sering mengonsumsi Alkohol, dan Kafein
  • Masalah genetis (bawaan lahir)
  • Faktor usia
  • Mengalami Stroke atau Alzheimer
  • Wanita yang sedang hamil dan Menstruasi
  • Hormon yang dihasilkan wanita hamil atau menstruasi

✔ Faktor Lingkungan yang Menyebabkan Insomnia

Lingkungan juga berperan dalam menyebabkan terjadinya gejala Insomnia pada seseorang.manusia yang memang di ciptakan sebagai makhluk sosial,makhluk yang tidak bisa hidup tanpa peran serta manusia lain dalam hal memenuhi kebutuhan hidupnya,tentu di paksa untuk berkelompok dengan manusia lain yang pada akhirnya akan membentuk sebuah komunitas yang berdomisili di suatu tempat tertentu,dalam hal ini adalah lingkungan.

Meskipun antara manusia yang satu dengan manusia yang lain saling membutuhkan,namun seringkali terjadi perbedaan.misal hiburan,untuk memenuhi kebutuhan akan hiburan ini,ambillah contoh hiburan musik,seseorang kadang kala suka mendengarkan musik dengan suara yang keras.sehingga akan menjadi gangguan bagi orang lain yang tidak menghendaki hiburan yang sama.apalagi orang yang sedang ingin istirahat tidur.hal ini bisa menjadi sebab terjadinya insomnia.

Beberapa faktor lingkungan yang menyebabkan insomnia antara lain :

  • Lingkungan sekitar yang bising
  • Kamar yang kotor dan berantakan
  • Ruang tidur yang kurang nyaman

Nah itu dia beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia menurut saya.jika di rasa ada kurang dan salahnya,sobat bisa memberikan saran sekaligus kriktik di kolom komentar.

Thanks for reading & sharing Faktor Penyebab Terjadinya Insomnia

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment