Home » , , » Pengalaman Pertama Menggunakan BPJS Kesehatan

Pengalaman Pertama Menggunakan BPJS Kesehatan

pengalaman pertama menggunakan bpjs kesehatan
Ketika ingin memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan untuk kali pertama memang cukup membingungkan wal hasil mau tak mau harus tanya sana sini seputar cara berobat menggunakan bpjs di faskes 1 untuk memperjelas bagaimana prosedur yang benar untuk menggunakan layanan BPJS Kesehatan ini.

Meski sudah tercatat sebagai pengguna BPJS Ketenagakerjaan (saat itu masih Jamsostek) sejak 2011 yang lalu,Namun untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan yang disediakan oleh Program Asuransi yang dikelola Pemerintah ini belum pernah sama sekali.

Siapa sih yang tidak pernah merasakan sakit?,semua orang yang masih berstatus Hidup,tentu sesekali pernah mengalami saat-saat tubuh mengalami kondisi fisik drop.Saya pun tak luput dari kondisi ini.
Hanya saja,sakit yang Saya alami sebatas sakit kepala,meriang,flu,demam,dan sakit ringan lainnya yang akan segera sembuh setelah minum obat yang bebas diperjual belikan di pasaran,toko kelontong misalnya.

Sehingga,untuk mendapat bantuan kesehatan lebih dari dokter masih belum dibutuhkan.atas dasar itu Asuransi Kesehatan yang preminya dibayar tiap Bulan tidak pernah Saya manfaatkan.

Tapi,kebetulan kali ini terpaksa harus bertemu dokter untuk komsultasi lebih mendalam lagi masalah kesehatan.Pasalnya,problem kesehatan yang saya alami berkaitan langsung dengan salah satu organ tubuh primer.yakni,Mata.

Pada mulanya masalah ini saya anggap biasa saja karena memang tidak terasa sakit pada bagian panca indra manusia tersebut.Pandangan mata kabur,benda terlihat tampak mengecil,benda lurus berubah jadi bengkok.kondisi seperti ini tidak kunjung membaik meski sudah lewat seminggu.

Karena tidak mau ambil resiko dengan memberi obat-obatan yang bebas diperjualbelikan di pasaran,Saya pun memberanikan diri untuk segera konsultasi dengan Dokter Spesialis Mata menggunakan Kartu sakti BPJS Kesehatan.

Sebelum dapat bertemu langsung dengan Dokter,Saya pun harus menjalani satu demi satu Semua Prosedur yang telah ditetapkan.

Mungkin saja Anda juga baru pertama kali memakai fasilitas kesehatan dari BPJS,silahkan Anda cermati prosedur yang akan Saya paparkan berikut ini.Tujuannya agar ketika Anda menggunakan layanan BPJS Kesehatan tidak memgalami kendala,yang ujung-ujungnya akan menyalahkan Pemberi Layanan Kesehatan yang dikelola Pemerintah ini.

Baiklah Akan Saya bagikan bagamana cara menggunakan layanan BPJS Fasilitas Kesehatan Kelas 1,agar Anda yang baru akan menggunakan layanan ini tidak kebingungan.Berikut ini prosedur yang harus Anda lakukan.

Datanglah Klinik Kesehatan Faskes 1 yang telah Anda pilih saat registrasi peserta BPJS


Bawalah kartu peserta BPJS kesehatan Anda beserta KTP,lalu daftarkan diri Anda kepada petugas yang ada di klinik tempat fasilitas kesehatan pertama tersebut Jika Anda memilih klinik atau puskesmas sebagai Faskes 1.Mungkin tak perlu lagi membawa kartu peserta jika Anda mempunyai Dokter Pribadi.

Isi formulir yang telah disediakan oleh Petugas.Biasanaya berisi data diri peserta,Nomor Kepesertaan BPJS Kesehatan,Nomor Telepon,Tempat Bekerja (BPJS Ketenagakerjaan),dll.

Tunggu giliran Anda dipanggil untuk konsultasi dengan dokter jika banyak pengguna lainnya.

Jika dirasakan memang Penyakit Anda derita harus mendapat penanganan lebih lanjut dan lebih khusus lagi oleh Dokter Spesialis.Seperti kasus yang Saya alami,maka Dokter akan memberi rujukan ke Rumah Sakit atau klinik yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.dengan bekal surat rujukan dari dokter ini silahkan datang ke rumah sakit yang Anda pilih.

Selanjutnya adalah cara menggunakan BPJS Kesehatan untuk mendapat pengobatan di Rumah Sakit.Lanjut Baca...!😁

Daftarkan Diri Anda di BPJS Center yang Ada di Rumah Sakit Tersebut

Daftar di Bpjs center
Sebelum mendapat layanan kesehatan di Rumah Sakit yang Anda pilih,terlebih dahulu Anda harus mendaftarkan diri di BPJS Center untuk mendapat surat keterangan peserta BPJS,dan Kartu berobat di RS tersebut jika Anda belum memilikinya.

Untuk Kartu berobat,Jika Anda belum punya atau baru pertama kali berobat di Rumah Sakit yang Anda pilih,maka Anda harus membuatnya dulu.Biasanya oleh teller atau petugas BPJS akan dibuatkan langsung.

Nah,di tempat pendaftaran ini,Anda harus datang lebih awal agar mendapat giliran antrian yang lebih pendek.Karena pengguna BPJS lain hampir bisa dipastikan membludak.Sesuai pengalaman Saya,Maksud hati ingin mendapat pelayanan lebih cepat,maka saya pun berangkat ke Rumah Sakit sekira jam 05.30.Saya berasumsi bahwa mungkin saat itu masih belum banyak orang yang datang.

Ternyata dugaan Saya keliru,sudah banyak sekali orang yang sudah berebut nomor antrian.Saya yang merasa sudah datang lebih awal ternyata mendapat nomor antrian 138...wooowwww........😁

Karena dirasa masih terlalu lama menunggu giliran,Saya putuskan untuk kembali pulang untuk istirahat sejenak setelah semalaman begadang dan belum sempat tidur barang sejenak.Maklum lah,kayawan bagian produksi ya begini,dapat giliran kerja malam.

Jarak anatara tempat Kos dan Rumah Sakit yang Saya pilih (RSUD Ibnu Sina) tidak terlalu jauh,sekira memakan waktu 10 menit perjalanan saja.Ndilalah.....karena saking capeknya,Saya pun tertidur dan kebablasan.jam 9 Pagi baru terbangun.

Saya pun bergegas berangkat lagi ke Rumah Sakit.setelah sampai ditempat pendaftaran,ternyata sudah sepi,tidak ada lagi yang antri seperti beberapa jam yang lalu.
Saya pun bertanya kepada petugas mengenai nomor antrian.oleh petugas Saya disarankan untuk langsung ke loket yang disedikan tanpa harus antri lagi karena memang situasi sudah sepi.Tahu seperti ini tentu tidak akan terburu-buru datang pagi-pagi buta.

Saran saya,datanglah ke Rumah Sakit sekira jam 9 keatas saja agar tidak capek antri,kalau memang kebetulan Anda tidak ada kesibukan lain.

O...ya jangan lupa,agar proses registrasi Anda berjalan lancar,bawalah beberapa berkas persyaratan pendaftarannya.antara lain, Kartu peserta BPJS Kesehatan,KTP,dan Surat Rujukan dari Faskes 1 (Dokter sebelumnya).bawa yang asli saja,tidak perlu di Foto Copy jika hanya rawat jalan.

Datang Ke Poli Surat Rujukan Faskes 1

periksa kesehatan mata
Image Source : merdeka.com
Setelah langkah sebelumnya sudah Anda lakukan,saatnya Anda datang ke Poli yang Anda inginkan.tentu sesuai dengan surat rujukan dokter.

Pastikan Anda membawa berkas-berkas yang telah Anda terima dari BPJS Center.seperti kartu berobat,surat eligibilitas Kepesertaan BPJS,dan pastinya surat rujukan dokter sebelumnya.Pokoknya apa yang Anda dapatkan bawa semua tanpa terkecuali.Setelah berada di Poli,Anda harus antri Jika banyak pengunjung.

Kebetulan Pas waktu Saya datang ke Poli pengunjung sepi,ada tapi tidak sampai antri.Saya pun langsung masuk dan segera mendapat layanan dari suster yang bertugas.

Akan Sedikit Saya ceritakan bagaimana pengalaman pertama Saya ketemu langsung sama Dokter setelah sekian lamanya berusaha agar jangan pernah lagi butuh jasa seorang Dokter karena Saya memiliki sedikit trauma.Ceritanya begini,dulu pernah di suntik,lalu bekas suntikan dokter tersebut mengeluarkan darah yang tak kunjung berhenti.darah segar keluar tanpa bisa dibendung dalam jangka waktu yang lumayan lama,akibatnya sampai sekarang kalaupun harus ketemu dokter jangan sampai di suntik.

Kembali ke cerita saat di Poli Mata.Bayangan saya sebelumnya,kalau pakai BPJS pasti pelayanannya kurang maksimal.Negatif thinking ini terjadi akibat banyaknya keluhan masyarakat yang kurang puas dengan layanan untuk pasien BPJS.Tapi,pandangan Saya tidak sepenuhnya benar.bahkan petugas yang memeriksa mata Saya sangat familiar,seakan sudah kenal lama padahal baru kali pertama bertemu.Intinya,keluhan tentang buruknya layanan yang selama ini Saya baca ternyata sekali lagi tidak sepenuhnya benar.mungkin saja ada seperti yang dikeluhkan,namun Saya yakin tidak semuanya demikian.

Saat itu,Saya langsung dipersilahkan duduk di tempat yang telah disediakan setelah berkas yang Saya serahkan telah diperiksa.

Apa saja keluhan Saya ditanyakan dengan sangat detil.selanjutnya kondisi pandangan mata pun diperiksa menggunakan alat yang tersedia.dari semua lensa yang di uji cobakan,ternyata tidak ada satu pun yang mengubah keluhan pandangan mata,semua masih sama kaburnya.

Kemudian setelah dilakukan pemeriksaan lebih teliri lagi,oleh dokter,Mata Saya divonis mengalami pembengkakan yang penyebab yang disampaikan Dokter satu pun tak pernah merasa Saya alami.Katanya penyembuhan untuk problem mata semacam ini memakan waktu sekira 3 bulan.lumayan lama juga pikir saya.

Selanjutnya dokter memberi resep obat dan menyarankan untuk kontrol seminggu sekali selama 3 bulan jika dirasa itu perlu.Seandainya sudah membaik dalam tempo yang lebih singkat,maka hal itu tak perlu lagi dilakukan.

Perlu diketahui juga bahwa,untuk pembelian kacamata juga ditanggung oleh BPJS.Namun besarnya tanggungan yang diberikan disesuaikan dengan Kelas yang Anda pilih.
    Berikut ini daftarnya :
  • Kelas 1 : 300.000
  • Kelas 2 : 200.000
  • Kelas 3 : 150.000

Jika harga kacamata lebih mahal dari biaya yang ditanggung,maka peserta yang harus menutup kekurangannya.

Selain itu,pembelian kacamata yang ditabggung BPJS hanya berlaku untuk 2 tahun sekali.

Mengambil Obat Di Apotik Sesuai Resep Dokter

antri resep dokter
Setelah mendapat resep Dokter,silahkan Anda datang ke Apotik BPJS kesehatan yang telah disediakan.Lokasi Apotik biasanya masih dalam gedung yang sama dengan tempat pendaftaran.

Letakkan saja resep ditempat yang disediakan,lalu tunggu giliran Anda dipanggil untuk mengambil obat yang sudah disiapkan petugas.Jika sudah mendapat obat,langsung pulang dan Isirahatlah agar segera sembuh.

Demikian pengalaman pertama menggunakan BPJS Kesehatan.mudah-mudahan apa yang tertulis bisa difahami.sehingga akan sedikit membantu Anda yang hendak memakai Jasa Asuransi yang dikelola Pemerintah ini.

Cukup mudah bukan?.Asalkan Prosedur yang ditetapkan sudah Anda lakukan,tentu sistem layanan akan berjalan lancar tanpa hambatan.Kecuali banyak antrian.😂
Anda baru saja membaca : Pengalaman Pertama Menggunakan BPJS Kesehatan

Artikel Terkait

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment