Cara Ampuh Menyembuhkan Cantengan Paling Mudah dan Terbukti Berhasil

Menyembuhkan cantengan pada jempol kaki memang gampang-gampang susah karena ibu jari kaki merupakan bagian yang paling penting dalam menjaga keseimbangan saat kaki menopang tubuh manusia.Kalau sudah seperti ini,cantengan menjadi masalah yang lumayan menyulitkan.

Cantengan adalah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit pada sudut ujung jari akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Kondisi ini sering dialami oleh jempol kaki terutama pada orang yang memiliki bentuk kuku yang melengkung atau kuku tebal.

Cantengan bukan permasalahan yang terlalu parah dan serius, hanya saja cantengan tidak membuat nyaman karena menimbulkan rasa sakit dan juga nyeri, kondisi membuat bagian jari akan sulit di gunakan. Cantengan bisa terjadi di bagian tangan atau pun kaki, tetapi yang paling sering cantengan di kaki seperti yang sudah disebutkan di atas.

Banyak orang yang sering mengalami cantengan. Masalah ini muncul akibat masuknya kuku ke dalam daging, hingga menimbulkan bengkak dan infeksi. Cantengan biasanya terjadi karena kebiasaan memotong kuku terlalu pendek, sehingga menyebabkan kuku bertumbuh ke dalam kulit. Pakai sepatu terlalu sempit atau jari menabrak sesuatu sampai cedera juga bisa menyebabkan kuku lama-lama jadi cantengan. Jika sudah parah, cantengan diobati dengan cara operasi.
Cara menyembuhkan cantengan
Kaki Cantengan
Cara ampuh mengatasi kuku cantengan dan menyembuhkannya ini sangat mudah dan efektif untuk mengurangi rasa sakit, bengkak, kemerahan, dan nanah di sekitar kuku.

Untuk cara menyembuhkan cantengan dengan tuntas diperlukan obat cantengan, mulai dari obat cantengan tradisional, antibiotik, sampai tindakan operasi kecil.

Ada beberapa sebab terjadinya kuku cantengan yang perlu Anda ketahui :


  • sengaja atau tidak sengaja bagain kuku Terkena minyak yang panas atau bisa juga akibat percikan api.
  • Gigitan serangga di dekat kuku juga bisa menjadi sebab cantengan.
  • Memakai sepatu yang tidak sesuai ukuran dengan anatimi kaki mengakibatkan tekanan pada kuku.Sehingga lambat laun akan terjadi pembengkakan jika pemakain sepatu yang sempit atau kekecilan terjadi berulang-ulang.
  • Ada benda-benda kecil yang masuk ke sisi kuku.seperti serpihan kayu,batu,dan benda lainnya yang berupa partikel-partikel kecil dan halus.
  • Saat melakukan pemotongan kuku,biasanya terlalu dalam.Sehingga bagian kuku tumbuh bisa menusuk kebagian daging.
  • Terjadi kecelakaan kecil pada kuku.misalnya kuku terinjak,terjepit atau terjadi benturan lain yang mengakibatkan kuku mengalami cedera.
  • Kurang memperhatikan kebersihan kuku.Jika sering melakukan pewarnaan,jangan lupa untuk rutin menjaga kebersihan kuku.
  • Untuk cantengan pada jari tangan ini terjadi akibat sering mengigit dan menarik kuku dengan mulut.ini mengakibatkan tekstur kuku kasar.

Setelah mengetahui sebab-sebab terjadinya cantengan di atas,usahakan hindari sebisa mungkin jika ingin terhindar dari masalah ini.

Lalu Bagaimana Cara Ampuh Menyembuhkan Cantengan Ini?


Ada beberapa Tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi cantengan dengan mudah dan cepat serta terbukti bisa meredakan rasa sakit pada bagian kuku cantengan.

1. Bersihkan Kuku Cantengan Menggunakan Cairan Anti Septik.

Tujuan membersihkan kuku dengab cairan anti septik ini adalah membasmi kuman-kuman yang bersembunyi dibalik kuku yang yang membengkak.

Cairan anti septik yang sering dipakai adalah Rivanol.Selain berfungsi sebagai pembunuh kuman,Rivanol juga dapat mencegah jaringan yang bernanah agar tidak melebar

Basahilah kapas atau kain kasa dengan cairan rivanol zat terbukti memiliki kandungan zat antiseptik aktif, Kemudian tempelkan atau kompreslah pada bagian kuku yang cantengan. Rivanol dapat mengendalikan jaringan yang bernanah agar tidak meluas. Rivanol juga daapat membunuh bakteri dan kuman yang bersembunyi diantara kuku yang sedang mengalami pembengkakan.

2. Gosoklah Kuku yang Mengalami Pembengkakan.

Mengapa harus menggosok kuku?,secara logika bisa difahami agar kuku tersebut semakin menipis.diharapkan dengan tipisnya kuku,saat pertumbuhannya nanti bisa mengikuti tekstur daging tempatnya bertumbuhnya.Sehingga tidak menyebabkan tusukan tak disengaja kebagian daging.

Untuk menipiskan kuku,gunakan kertas gosok atau silet dengan perlahan.Namun jangan sampai tembus ke daging.

Setelah dirasakan sudah tipis,bersihkan bagian kuku tersebut dengan air sampai benar-benar bersih.pastikan sisa serpihan kuku tidak ada lagi.

Kemudian kompres dengan Rivanol.gunakan kapas yang sudah diberi Rivanol dan oleskan ke seluruh bagian jari dan kuku.

3. Oleskan Minyak Tawon

Minyak tawon pada umumnya sering dipakai sebagai minyak urut.tidak banyak yang tahu bahwa selain sebagai minyak urut,minyak has Makassar ini juga memiliki beberapa khasiat lain.Salah satunya adalah dapat mengatasi masalah peradangan dan infeksi yang diakibatkan mikroorganisme,karena salah satu bahan pembuat minyak tawon adalah bawang merah yang dipercaya sebagai obat anti infeksi.

Seperti yang telah dijelaskan di Wikipedia,bahwa ada beberapa manfaat lain dari Minyak Tawon.antara lain :

  • Mengatasi nyeri otot dan sendi.
  • Menghangatkan tubuh saat masuk angin.
  • Mengatasi luka ringan pada kulit.
  • Sebagai minyak urut.
  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Menyembuhkan luka bakar ringan.
  • Menyembuhkan penyakit kulit yang disebabkan jamur.

Dari beberapa manfaat tersebut di atas tentu ada kaitannya dengan masalah cantengan.Berdasarkan pada pengalaman pribadi,setelah melakuakan 3 tips menyembuhkan cantengan ini,perlahan tapi pasti sakitnya pun mereda.

Cara pemakainnya,pastikan 2 langkah sebelumnya telah selesai dilakukan.Kemudian oleskan pada bagian jari dan kuku yang mengalami cantengan tersebut.

Karena tidak ada ada efek negatif selama pemakain minyak tawon ini,Anda boleh memakainya sesering mungkin.Tapi pastiakan kondisi jari dan kuku benar-benar beraih.

Sekarang,silahkan praktekkanTips Cara menyembuhkan cantengan dengan mudah diatas untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

0 Response to "Cara Ampuh Menyembuhkan Cantengan Paling Mudah dan Terbukti Berhasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel