8 penyakit yang bisa di cegah dengan jalan kaki

8 Penyakit yang Dapat dicegah dengan Olahraga Jalan Kaki

Banyak manfaat jalan kaki yang tak jarang luput dari perhatian,hal ini bisa jadi disebabkan aktivitas yang tidak banyak memuntut untuk berjalan kaki.

Misalnya Blogger yang sudah pasti lebih sering berlama-lama di depan monitor.

Memang Menjadi blogger adalah pilihan.

Sebuah pilihan yang sangat menyenangkan.itu menurut saya.

Kenapa...?karena menurut saya lagi ya,menjadi blogger itu akan meningkatkan semangat kita untuk belajar.

Mulai dari hasrat ingin intens "membaca" sekaligus belajar menulis.

Seperti saya ini,gara-gara terlalu fokus di dunia blogging. Dulu yang jujur males banget membaca,sekarang sudah mulai lagi untuk buka-buka buku koleksi Saya.

Jika Anda seperti Saya,dan mengalami kesulitan saat membaca,maka silahkan baca tips nya di sini.

Selain itu,dulu saya yang notabene bukan orang yang suka nulis,sekarang mulai suka nulis meskipun baru menghasilkan karya tulis ala kadarnya.

Maklum masih dalam tahap belajar. Anda bisa lihat hasilnya.

Namun,menjadi blogger kadang membuat kita lupa akan kegiatan-kegiatan fisik. Misalnya olahraga,padahal kegiatan yang satu ini sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.

Oleh sebab itu,tidak ada salahnya saya coba menulis sedikit manfaat olahraga,khususnya jalan atau lari.

Sekira bisa menyadarkan diri untuk memperhatikan kesehatan tubuh kita,agar kondisi fisik tidak mudah sakit.

Perlu di ketahui bahwa,menurut penelitian para ahli. Ini menurut ahli,bukan pendapat Saya pribadi,maka Anda seyogyanya percaya.

Tahukah Anda,bahwa berjalan kaki ternyata bisa menyembuhkan penyakit atau setidaknya bisa mencegah datangnya penyakit tersebut.

Bukankah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati? Tos kalau Anda setuju...👊

manfaat jalan kaki
Ada 8 penyakit yang bisa di sembuhkan dengan olahraga jalan kaki.

1. Mencegah Resiko Serangan Jantung


Jalan kaki dengan cepat bisa mempercepat detak jantung,seingga darah akan mengalirkan darah ke seluruh tubuh.namun jangan berlebihan,lakukan sedikit demi sedikit yang penting rutin menjadi aktivitas harian.

Dengan sering jalan kaki, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan berjalan kaki kaki.

2. Mencegah Penyakit Stroke


Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak.

Stroke adalah kondisi kesehatan yang sangat serius dan harus mendapat penanganan sesegera mungkin untuk menghindari efek yang lebih berbahaya lagi,misalnya Kematian.

Proses terjadinya Stroke bermula Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus.

Akibatnya sel-sel yang ada dalam otak akan mulai disfungsi atau kehilangan kemampuan untuk melakukan tugasnya.

Karena itu semakin cepat penderita ditangani,kemungkinan kerusakan yang terjadi pada sel-sel otak pun semakin kecil bahkan resiko kematian pun bisa dihindari.

Salah satu cara mencegah stroke adalah dengan rutin berolahraga.dan sangat di anjurkan untuk berolahraga jalan kaki atau lari serta bukan olahraga yang kompetitif.

Dari hasil Sebuah penelitian dilakukan pada 70 ribu karyawan yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, hasilnya resiko terserang stroke menurun hingga dua pertiga.

Anda tentu tak ingin terjadi problem kesehatan semacam ini bukan? Apalagi penyakit dewasa ini sudah tidak mengenal usia.

Mereka yang usianya dibawah 30 tahun pun memiliki resiko yang sama.

Oleh sebab itu,sempatkan waktu untuk berolahraga untuk menjaga stabilitas ritme detak jantung Anda.

3. Membakar Lemak Tubuh


Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki,kelebihan kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan ikut terbakar,kemudian kenaikan berat badan tidak terjadi.

4. Membantu Proses Melangsingkan Badan


Pergerakan kaki hingga seluruh tubuh mampu menurunkan berat badan dan lemak yang ada diperut akan terkikis sedikit demi sedikit.Lakukan jalan kaki rutin selama satu jam setiap hari.

Tentunya,untuk mendapat hasil yang maksimal,usahakan aktifitas ini Anda lakukan secara konsisten dan dibarengi kesabaran penuh.

Karena tak ada yang instan untuk hasil yang memuaskan. Kecuali Mie Instan.

kalau ingin mendapat hasil yang lebih cepat dan instan,ya....lakukan sedot lemak saja.tapi tanggung sendiri resikonya

5. Mencegah Penyakit Kanker


Kita tahu, Kalau belum tahu Saya kasih tahu,bahwa pergerakan badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga membantu memaksimalkan metabolisme tubuh,khususnya buang air besar.

Bagi Anda yang kebetulan bergender wanita, Anda juga harus tahu kalau Jalan kaki juga bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Di atas Saya sedikit menyinggung tentang Peristaltik,

Lalu sebetulnya apa sih yang dimaksud peristaltik tersebut?

Peristaltik adalah gerakan yang terjadi pada otot-otot pada saluran pencernaan yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga menimbulkan efek menyedot/menelan makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan.

Hal ini menjelaskan mengapa air yang kita minum tidak tumpah keluar kembali walaupun kita minum sambil menjungkirbalikan tubuh atau salto sekalipun.

Tapi jangan coba di rumah tanpa pengawasan ahlinya, Kecuali kalau Anda ahlinya ahli,😁

Peristiwa tersebut dapat terjadi karena adanya pertahanan gaya pada lambung, sehingga setiap makanan dan minuman maupun material yang masuk akan tetap mempertahankan dirinya agar tidak terlepas dari pegangannya dalam arti mengapit dari kedua sisi,

dan mempunyai dua sifat yaitu; lengket dan licin atau motion, jadi gaya PERISTALTIK menggunakan prinsip flank/ mengapit.

6. Mencegah Osteoporoais


Osteoporosis tidak cukup hanya dengan rutin konsumsi vitamin D dan asupan kalsium yang banyak,tubuh juga membutuhkan gerak badan.

Selain itu,tubuh dalam hal ini tulang juga memerlukan paparan sinar matahari.

Setidaknya 15 menit sehari. Sinar Matahari yang baik adalah sekitar pukul 08.00 hingga 12.00.

Jika ini Anda lakukan, diharapkan Anda akan terhindar dari osteoporosis.

7. Mencegah Kencing Manis


Dengan rutin jalan kaki setiap hari,akan mampu mencegah berkembangnya diabetes,Khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk, selama gula darah bisa terkontrol.

Untuk menghindari resiko buruk diabetes tersebut,disarankan Anda olahraga jalan kaki rutin setiap hari untuk terus menjaga kebugaran badan Anda

8. Mencegah Terjadinya Depresi


Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang terjadi sedikitnya selama dua minggu atau lebih yang memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati dan cara menghadapi kegiatan sehari-hari.

Ketika mengalami depresi,biasanya akan merasa sedih yang berkepanjangan,putus harapan,kehilangan motivasi untuk beraktivitas,sering menyalahkan diri sendiri,dan biasanya juga akan kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang sebelumnya selalu Anda lakukan. Hobby misalnya.

Nah,salah satu cara untuk mengurangi timbulnya depresi adalah sering-seringlah aktif menggerakkan badan,dalam hal ini adalah berolahraga.

Dan olahraga yang paling gampang di lakukan adalah Berjalan kaki.menurut penelitian,dengan berjalan cepat,serangan depresi akan bisa di minimalisir.

Demikian tulisan ala kadarnya yang susah payah saya hasilkan.tulisan yang membahas tentang Manfaat Jalan Kaki ini saya kumpulkan dari berbagai sumber,sekira ada salahnya,jangan sungkan untuk mengkoreksi.terima kasih,semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 penyakit yang bisa di cegah dengan jalan kaki"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel