Cara Mudah Menambahkan Video di Postingan Blog

Menambahkan video ke postingan blog sering dilalukan oleh Blogger untuk menjadi pelengkap bagi artikel sehingga dengan menyertakan video dalam postingan dapat memperlengkap artikel tersebut disamping dengan menyertakan gambar juga.

Lalu bagaimana cara menyertakan video ke dalam postingan Blog?

Bagi Anda yang sudah cukup lama malang melintang di dunia persilatan,blogging maksud Saya,tentu tutorial untuk menambahkan konten audio visual ini bukan sesuatu yang sulit.

Lain halnya Jika Anda yang kebetulan singgah di Blog sederhana ini adalah seorang Blogger pemula.

Blogger yang baru mulai mencicipi platform berbagi informasi ini,tentu saja akan menemui kendala.

Itu yang Saya alami saat pertama kali terjun ke dunia Blogging dan mulai belajar menulis artikel untuk kali pertama.

cara menambahkan video ke dalam artikel blog

Cara menambahkan Video ke dalam artikel Blog kali ini akan kita lakukan secara manual.

Maksud Saya adalah dengan cara meng-upload video secara langsung kedalam kolom editor postingan Blog.

Itu artinya, Anda harus memiliki file video sebelum di upload ke dalam blog tanpa menggunakan url dari pihak ketiga,semisal youtube,facebook,instagram,dan lain-lain.

Akan tetapi,sebelum Anda menyertakan video ke dalam postingan,bukankah akan lebih baik jika video tersebut di upload dulu ke youtube,facebook,instagram atau platform media sosial lainya?

Maksud Saya begini, jika Anda upload video ke pihak ketiga tersebut tentu akan ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan.

Menyitir kata pepatah",Sekali dayung,dua tiga pulau terlampaui".

Jika Anda upload video ke Youtube,maka Anda hanya perlu menambahkan video hanya dengan memakai kode embed dari Youtube saja.

Selain itu, Simbiosis mutualisme akan terjadi antara dua belah pihak yang tentu saja tidak bersengketa ini.😁

Yakni pihak Blog dan Akun Youtube Anda. Keduanya akan saling menguntungkan satu sama lain. Ini yang Saya maksud simbiosis mutualisme tersebut.

Kok bisa demikian? Apa alasannya?

Blog akan mendapat video pelengkap dalam artikel sehingga akan tampak lebih sempurna penyajiannya.

Sementara akun Youtube Anda akan mendapat tambahan jumlah views atau tayangan dan bahkan juga meningkatkan potensi peningkatan jumlah subscriber.

Well, jika Anda ingin tetap menyertakan video dalam postingan secara langsung tanpa campur tangan pihak ketiga,maka silahkan Anda baca tutorial ini dengan seksama.

  1. Langkah pertama tentu saja Anda harus mempersiapkan dulu file video yang akan digunakan. Entah itu video hasil kerja otak Anda sendiri atau hasil download itu bukan urusan Saya.

    Yang terpenting,sertakan sumber video jika itu hasil download untuk menghindari klaim hak cipta pemiliknya.

    Itu pun kalau blog Anda sudah sangat populer. Kalau masih ecek-ecek seperti Blog yang sedang Anda kunjungi ini,tentu saja tidak akan mendapat perhatian lebih dari pemegang hak cipta.
  2. Langkah berikutnya,login ke Akun Blog Anda dan buatlah postingan baru.

    Kalaupun ingin menambahkan video di postingan yang sudah eksis,itu juga sah-sah saja.
  3. Setelah Anda sudah dalam kolom editor,seperti biasa tuliskan judul,label,dan beberapa settingan lain yang mungkin Anda perlukan.

    Jangan lupa,pilih mode Compose untuk memunculkan fitur upload video. Karena fitur ini tidak tampil jika dalam mode html.

    Selanjutnya pilih video mana yang akan Anda tambahkan. Tentu saja file video yang tersimpan di perangkat yang Anda gunakan.

    cara menyertakan video kedalam artikel blog
  4. Setelah Anda memilih file video yang di upload, tunggu hingga prosesnya selesai.
    cara menambahkan video di postingan blog

    Cara menambahkan video di postingan blog ini cukup mudah dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun.

    Hanya dengan mengikuti langkah-langkah di atas,Anda dapat dengan mudah menyertakan fitur audio visual tersebut kedalam artikel yang Anda buat.

Dan seperti ini hasilnya :


Video di atas merupakan hasil dari langkah-langkah untuk menambahkan video yang Saya tukiskan pada artikel ini tanpa memakai jasa pihak ketiga.

Mungkin bagi Google artikel ini akan dinilai tidak memiliki nilai tambah dari artikel-artikel sejenis yang sudah ada sebelumnya.

Akan tetapi,Saya memang sengaja untuk menulis kembali cara menyertakan video kedalam artikel blog tersebut bagi Anda yang belum tahu dan entah sengaja atau tidak nyasar di blog ini. Kalau Anda sudah tahu,Saya persilahkan Anda untuk skip artikel ini.

0 Response to "Cara Mudah Menambahkan Video di Postingan Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel