Alat Flossing Gigi untuk Membersihkan Sela-sela Gigi

Alat Flossing Gigi - Alat flossing gigi dapat membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi sehingga kesehatan alat pengunyah makanan ini tetap terjaga dengan baik. Karena kesehatan gigi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh

Tidak semua orang tahu atau memang tidak mau tahu bahwa selain sikat gigi ada beberapa alat lain yang perlu untuk digunakan dalam proses pembersihan gigi benang dan dental floss pick.
alat dental floss Penting untuk Anda ketahui bahwa Dental floss Pick adalah alat pembersih gigi berupa benang yang cara kerjanya dengan menyelipkan benang tesbut di sela-sela gigi untuk membersihkan sisa makanan yang sulit dijangkau atau dibersihkan hanya dengan sikat gigi.

Cara membersihkan gigi dengan benang atau dental floss ini lebih aman dan efektif ketimbang menggunakan tusuk gigi. karena sifat benang yang dapat menyesuaikan dengan tekstur sela gigi. apalagi ketika Anda ingin membersihkan kotoran yang ada pada gigi bagian dalam atau gigi geraham,tentu ini akan sangat menyulitkan jika menggunakan tusuk gigi.

Cara Membersihkan Gigi dengan Alat Flossing Gigi

selanjutnya adalah alat apa yang bisa digunakan untuk flossing gigi ini?. Pada umumnya ada dua alat yang sering Saya gunakan untuk flossing.

Pertama adalah benang jahit. pernah gak Anda kepikiran untuk membersihkan gigi memakai benanng jahit?. Saya dulu sering memakai alat ini,tapi sekarang sudah gak lagi.

Anda bisa mengunakan benang jahit atau sejenisnya untuk flossing gigi. yang penting benang tersebut dapat masuk ke sela-sela gigi yang ingin dibersihkan.

Kedua adalah Dental Floss Pick. alat ini sebenarnya sama saja dengan yang pertama. sama-sama memakai benang. bedanya dental floss pick dirancang khusus untuk membersihkan gigi. Sedangkan benang tidak demikian.

1. Cara Membersihkan Gigi dengan Benang

cara membersihkan gigi dengan benang lalu bagaiamana cara membersihkan gigi dengan benang tesebut?

seperti halnya benang yang mudah didapatakan,membersihkan sela-sela gigi dengan benang ini juga cukup mudah untuk dilakukan.

Caranya ambil benang secukupnya. Pegang masing-masing ujung benang tersebut dengan kedua tangan Anda. gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memegang ujung benang,kemudian masukkan benang ke sela gigi dengan membentuk huruf U.

Selanjutnya gerakkan dengan metode gerakan naik turun untuk proses pembersihan kotoran di sela gigi yang dimaksud.

Akan tetapi Anda harus berhati-hati saat melakukan proses flossing ini. Lakukan dengan cara lembut dan pelan-pelan saja. jangan buru-buru. Hal ini dimaksudkan agar gusi tidak terluka karena terjadinya gesekan dengan benang.

2. Cara Menggunakan Dental Floss Pick untuk Membersihkan Gigi

Namun ada alat lain yang akan membantu Anda dalam proses flossing ini. alat yang dimaksud adalah Dental Floss Pick.

Untuk mendapatkan alat ini,Anda bisa membelinya di mini market yang sudah banyak tersebar di kota Anda. Seperti indomaret. Anda dapat membelinya disana tanpa harus keluar banyak uang. Karena Harga dental floss di Indomaret juga sangat terjangkau.

Sesuai dengan namanya,Dental Floss Pick ini memang khusus untuk membersihkan gigi. pada alat Alat flossing gigi ini memiliki dua bagian yang bisa dimanfaatkan.

Bagian pertama menyerupai tusuk gigi. Pada bagian ini memang dibentuk dan berfungsi layaknya tusuk gigi pada umumnya. ujungnya yang lancip dapat membersihkan sisa makanan yang nyangkut di gigi Anda.

Untuk bagian kedua terdapat benang yang memungkinkan menjangkau bagian dalam gigi. Cara menggunakannya pun hampir sama seperti flossing dengan memakai benang di atas. Bedanya ini lebih mudah karena Anda dapat flossing hanya dengan satu tangan saja.
Lalu bagaimana cara menggunakan dental floss pick?
cara menggunakan dental floss pick Cara menggunakan dental floss pick ini juga sangat mudah. Caranya masukkan benang tepat diantara sela dua gigi dengan perlahan-lahan dengan menarik mundur suapaya benang pada dental floss tersebut bisa masuk disela dua gigi.

Pada saat Anda menarik maju dan mundur serta menggerakkannya ke atas dan ke bawah,kotoran dan sisa makanan yang terselip di gigi dapat dibesihkan.

Kemudian Anda dapat menggunakan tusukan gigi untuk membersihkan sisa makanan pada bagian dalam gusi dan belakang gigi yang sudah dibersihkan tadi.

Tapi ada yang perlu Anda perhtikan saat menggunakan alt pembersih gigi ini agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan dengan gigi dan gusi Anda.
  • Jangan sekali-kali memasukkan dental floss dan pick secara paksa. Lakukan dengan pelan dan hati-hati saat memakainya agar tidak melukai gusi.
  • Sebaiknnya lakuakan petunjuk dokter dalam pemakaian alat ini jika gigi Anda sedang dalam proses perawatan dokter.
  • Lakukan pengawasan ekstra jika digunakan untuk anak-anak.
  • dan simpan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak agar tidak digunakan tanpa pengawasan orang tua.
Di atas adalah dua alat yang sering Saya pakai untuk membersihkan atau flossing gigi. Tujuannya adalah agar gigi tetap terjaga kesehatannya.

Selain itu dengan gigi yang bersih diharapakan warna asli gigi yang putih tetap terjaga dengan baik.

Jika saat ini gigi Anda sudah terlanjur mengalami perubahan warna,lalu Anda ingin memutihkan gigi seperti semula silahkan baca artikel sebelumnya tentang cara memutihkan gigi dengan baking soda.

Dan yang perlu Anda perhatiakan adalah Anda harus tetap berhati-hati saat melakukan flossing gigi dengan benang dan dental floss pick ini. Agar upaya untuk menjaga kesehatan gigi tidak berujung bencana.

Posting Komentar untuk "Alat Flossing Gigi untuk Membersihkan Sela-sela Gigi"