Kesehatan Gigi Memiliki Peranan Penting dalam Menjaga Kesehatah Tubuh

kesehatan gigi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh -  Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan aktifitas yang sangat penting namun  tidak jarang dari KIta yang menyepelekan kesehatan organ pengunyah ini. kesehatan gigi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh Banyak dampak negatif yang akan dialami seseorang yang malas untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Tanpa terkecuali penulis yang terkadang sering menunda saat harus menggosok alat kunyah makanan tersebut. Karena sering menunda alhasil kelupaan danpada akhirnya tidak sempat lagi untuk menggosok gigi. Apakah Anda juga mengalami hal yang sama?.

Jika jawaban Anda adalah YA,maka artikel ini wajib Anda baca secara seksama. Namun jangan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya karena ini bukan teks proklamasi. Akan tetapi artikel seputar kesehatan yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. dengan harapan agar sifat malas untuk membersihkan gigi dan mulut ini dapat terhindarkan.

Sebelumnya And aharus tahu dulu seberapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut ini. Tahukah Anda bahwa mulut adalah ruang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Oleh sebab itu seyogyanya Anda konsisten dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda.

Sempatkan untuk menggosok gigi setiap kali habis makan. Hal ini sangat penting untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tetinggal di antara sela gigi Anda. Mungkin Anda sudah merasa cukup dengan hanya berkumur saja. akan tetapi hal tersebut masih sangat memungkinkan bagi sisa makanan untuk menempel di bagian gigi yang akan membusuk bila dibiarkan dalam masa yang cukup lama.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Benar

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Benar Beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam uapaya mempertahankan kondisi gigi dan mulut yang sehat,
  • Menyikat gigi adalah acara paling efektif untuk membersihkan gigi. lakukan kegiatan ini minimal 2 kali dalam sehari. Yakni sehabis sarapan dan menjelang tidur.
  • Selain menyikat gigi,ada bagian lain yang tak kalah penting untuk Anda bersihkan. Bagian dalam mulut tersebut antara lain; lidah dan gusi. Gosoklah kedua bagian tersebut dengan pelan agar tidak terluka.
  • Menggunakan sikat yang disdesign khusus untuk gigi. Jangan memakai sikat WC atau sikat lantai.hehehehe
  • Menggunakan takaran pasta gigi sesuai panduan penggunaanya atau sesuai rekomendasi dokter gigi Anda.
  • Untuk mendapatkan hasil yang sempurna saat membersikan gigi,menyikat gigi selama minimal dua menit dengan menjangkau setiap permukaan gigi berikut juga dengan gusi dan lidah.
  • Perlu untuk diperhatikan juga bahwa masa penggunaan sikat gigi yang baik adalah maksimal 3 bulan. Jika sudah mencapai batas maksimal tersebut sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru.
  • Membersihkan gigi dengan alat flossing gigi juga sangat disarankan. Agar sisa makanan yang berada di sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi dapat dibersihkan.
Selain melakukan cara membersihkan gigi dengan metode yang benar di atas,Anda juga harus memperhatikan apa saja makanan yang Anda konsumsi.

Sebisa mungkin menghindari makanan yang sifatnya gampang nempel atau lengket. semisal lem dan sejenisnya. ngawuuuurrr...hehehehe...

Masa Iya makan lem?. maksud dari makanan yang gampang nempel dalah makanan yang mudah lengket dipermukaan gigi. sebut saja coklat,permen,dan makanan ringan sejenisnya.

Kalau pun tidak memungkinkan untuk menghindari makanan tersebut (mungkin karena makanan kesukaan),baiknya  setetelah makan,segera bersihkan gigi Anda agar sisa makanan tersebut tidak ngendon di sela gigi Anda.

Selain itu kalau bisa Anda harus rutin memeriksankan gigi Anda kepada dokter gigi untuk mendapatkan nasihat apa yang baik untuk kesehatan gigi.

Karena kesehatan gigi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh, maka jangan biarkan gigi Anda rusak dan jangan pula sampai mulut Anda kotor. Alasannya jika kondisi buruk tersebut terjadi akan menjadi sebab penyakit mudah menyereang tubuh Anda. inilah pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Masalah Kesehatan yang disebabkan Karena Tidak Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Menyepelekan kebersihan dan kesehatan gigi sama halnya Anda menyepelekan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karena kesehatan gigi memiliki peranan yang sangat penting dalam mempertahankan kondisi tubuh tetap dalam keadaan sehat.

Oleh sebab itu,jangan sekali-kali Anda menyepelekan masalah ini.

bau mulut
Beberapa masalah yang disebabkan oleh keengganan untuk membersihkan mulut dan gigi antara lain :
  1. Mudah Mengalami Sakit gigi. Salah satu resiko akibat enggan menjaga kebersihan gigi adalah gigi akan gampang mengalami sakit. Suatu kondisi yang sebisa mungkin dihindari oleh semua orang.
  2. Gampang Mengalami Problem pada Gusi. Seperti  berdarah dan membengkak
  3. Karies gigi (gigi berlubang)
  4. Nafas tidak segar/bau mulut. Biasanya, bauh mulut atau halitosis diakibatkan oleh mengkonsumsi tembakau, sisa santapan pada mulut yang tidak dibersihkan, mulut yang kering, gigi yang kotor, dan pemakaian obat- obatan tertentu.
  5. Posisi Gigi mulai goyang. Kondisi seperti ini ditandai dengan rasa sakit (nyeri) saat mengkonsumsi makanan yang teksturnya keras.
  6. Warana Gigi berubah warna. kebanyakan berwarna kuning. dan tidak jarang menghitam jika dibiarkan terlalu lama. Jika gigi Anda sudahterlanjur berubah warna, Silahkan baca tutorial untuk memutihkan gigi disini.
  7. Gigi menjadi  sensitif atau linu. Kondisi seperti ini akan sangat terasa saat mengkonsumsi makanan/makanan dingin. kondisi serupa juga akan terjadi apabila memakan makanan yang terlalu manis.
  8. Sariawan. penyebabnya sebab tergigit ataupun kesalahan dalam menggosok gigi. Peradangan jamur, virus, ataupun kuman di mulut ataupun di bagian badan lain. Penyakit autoimun, semacam lupus. Keadaan tertentu, semacam pergantian hormon, kekurangan nutrisi, tekanan pikiran, merokok, serta aspek genetik sering menyebabkan sariawan.
  9. Karang gigi atau disebut juga dengan kalkulus gigi ini terjadi akibat adanya air liur yang bereaksi dengan timbunan plak dan zat kapur di dalam mulut. Kondisi tesebut  karena kuman yang memakan sisa makanan yang melekat pada permukaan dan sela-sela gigi.
  10. Kanker lidah juga dapat terjadi akibat menyepelekan kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut.
  11. Abses gigi merupakan rongga patologis yang berisi pus yang diakibatkan oleh peradangan kuman kombinasi. Abses gigi ialah peradangan kronis purulen yang tumbuh pada bagian apikal gigi. Keadaan ini umumnya diakibatkan oleh kuman yang berasal dari gigi yang terinfeksi baik pada maksila ataupun pada mandibula.
Setelah Anda mengetahui pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga bagaimana cara membeersihkannya,serta efek negatif akibat mengabaikan masalah gigi dan mulut di atas,diharapkan Anda memberi perhatian lebih untuik masalah ini. Karena kesehatan gigi dan mulut memiliki pengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Memang pada dasarnya Melindungi kesehatan mulut serta gigi sesungguhnya tidak lah susah buat dicoba bila Anda melakukannya secara berkesinambungan. Tentu Anda juga faham bahwa  menghindari itu lebih baik daripada menyembuhkan. Bila ada indikasi ataupun kendala pada mulut serta gigi, segeralah untuk melakukan konsultasi dengan dokter supaya bisa lekas ditangani serta tidak memunculkan komplikasi ataupun indikasi yang lebih berat lagi.

Posting Komentar untuk "Kesehatan Gigi Memiliki Peranan Penting dalam Menjaga Kesehatah Tubuh"