Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat dengan Bahan Alami - Tips menyembuhkan sariawan dengan bahan alami dalam waktu yang cepat adalah salah satu pilihan pengobatan yang bisa dilakukan bagi penderita sariawan.

Selain menggunakan bahan alami untuk mengobati sariawan atau stomatitis aphtosa ini bisa menjadi pilihan alternatif. Tentu sebelum melakukan penanganan lebih lanjut dengan bantuan tenaga medis.

Karena bahan yang digunakan pada artikel tentang cara mengatasi sariawan ini menggunakan bahan-bahan alami, maka siapapun bisa menggunakan metode penyembuhan sariawan ini di rumah, secara mandiri.

Apa Yang Menyebabkan Sariawan?

Cara mengobati sariawan secara alami dan cepat tidaklah sulit, namun tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki sariawan merupakan pengalaman yang menyakitkan.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui penyebab sariawan agar tidak merasakan efek negatif sariawan.

Umumnya sariawan disebabkan oleh luka atau luka di bagian dalam mulut. Namun, faktor lain juga dapat menyebabkan sariawan, seperti:

  • Kekurangan zinc, vitamin B-12, zat besi, atau asam folat
  • Alergi
  • Infeksi Helicobacter pylori
  • Peka terhadap makanan tertentu
  • Perubahan hormonal karena menstruasi

Setelah mengetahui penyebab terjadinya sariawan di atas, maka diharapkan Anda sebisa mungkin untuk menghindari apapun yang menjadi pemicunya.

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat

Tips Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat

Sariawan sering terjadi dan dialami oleh hampir semua orang. Penyakit ini memang tidak berbahaya, akan tetapi sariawan cukup mengganggu saat Anda sedang makan dan berbicara.

Meskipun akan hilang dengan sendirinya, kita tetap berharap ada cara yang efektif untuk mengobati sariawan.

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan cepat tidak sulit dan bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Bagaimana caranya?

1. Berkumur Dengan Air Garam

Salah satu cara sederhana untuk menyembuhkan sariawan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Kemampuan air garam dalam membunuh bakteri dapat mengeringkan sariawan.

Yang perlu Anda lakukan hanya mencampurkan setengah gelas air dengan satu sendok teh garam. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur.

dan lakukan itu selama 15-30 detik. Anda dapat berkumur dengan air garam setiap beberapa jam sekali, sesuai kebutuhan.

2. Berkumur Dengan Campuran Air Dan Soda Kue

Selain air garam, campuran air dan soda kue bisa digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan mengurangi peradangan dan mengembalikan keseimbangan pH.

Anda hanya perlu mencampurkan setengah gelas air dengan satu sendok teh soda kue. Berkumurlah selama 15-30 detik. Ulangi setiap beberapa jam, sesuai kebutuhan.

Campuran air dan soda kue ini juga merupakan salah satu metode penyembuhan sariawan secara alami dan cepat.

3. Cara Mengobati Sariawan dengan Madu

Madu merupakan alternatif yang efektif untuk mengobati sariawan karena dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan ukuran sariawan, serta mencegah infeksi.

Ini karena madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Namun, saat memilih madu, pilihlah madu yang tidak dipasteurisasi dan alami, seperti madu yang banyak dikonsumsi orang.

Selanjutnya untuk mengatasi sariawan ini, Anda bisa mengoleskan madu pada bagian yang terjangkit empat kali sehari.

4. Yogurt Dapat Mengatasi Sariawan

Yogurt mengandung probiotik yang dapat mengobati dan mencegah terjadinya sariawan di mulut yang mungkin disebabkan oleh bakteri.

Anda bisa mengonsumsi satu cangkir yogurt setiap hari, sebagai cara mengobati sariawan secara alami dan cepat.

5. Penyembuhan Sariawan dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Kandungan ini membuat minyak kelapa efektif dalam mengobati sariawan yang disebabkan oleh bakteri serta mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat sariawan. Minyak kelapa juga dapat mencegah munculnya sariawan.

Dan cara penggunaanya untuk mengatasi sariawan juga cukup mudah. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada sariawan beberapa kali sehari sampai sariawan hilang.

6. Mengatasi Sariawan dengan Chamomile

Chamomile merupakan tanaman bunga yang biasa dikonsumsi sebagai teh, memiliki kandungan antiseptik dan anti inflamasi yang dapat menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit.

Anda bisa menggunakan teh celup chamomile yang telah dibasahi dengan air hangat untuk mengompres sariawan selama beberapa menit.

Anda juga bisa berkumur dengan teh chamomile tiga sampai empat kali sehari. Teh chamomile dapat dicampur dengan madu untuk dikonsumsi.

7. Lidah Buaya Dapat Menyembuhkan Sariawan

Selain bermanfaat untuk kesuburan rambut, lidah buaya juga dapat membantu mengobati sariawan. 

Itu karena sifat anti-inflamasi dan obat penenang lidah buaya yang dapat membantu meredakan nyeri dan menutup sariawan dengan cepat, lidah buaya juga dapat mencegah sariawan muncul kembali.

Adapun cara mengobati sariawan secara alami dan cepat menggunakan lidah buaya juga sangat mudah dan sederhana, tinggal dioleskan langsung ke area sariawan dan biarkan selama 20 menit.

Setelah itu, Anda bisa langsung berkumur dengan air hangat. Ulangi saja beberapa kali sehari sampai sariawan hilang.

Tak hanya itu, Jika Anda senang menikmati jus lidah buaya, Anda juga bisa mengonsumsinya 3-4 kali sehari untuk mengobati sariawan.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dengan Cepat mengunakan dengan bahan alami. Apabila sakit berlanjut, segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan lebih intensif. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat dengan Bahan Alami"