BACA INI : Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan Video Reels Facebook

Untuk meningkatkan penghasilan video reels facebook, ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui. dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, diharapkan Anda dapat memaksimalkan penghasilan dari video reels facebook.

faktor yang mempengaruhi penghasilan video reels facebook

Pada artikel kali ini, Saya akn membahas secara singkat apa saja faktor penentu besar atau kecilnya penghasilan reels facebook.

# Jumlah Penonton Video

Poin pertama ini adalah faktor penentu paling utama dalam menentukan besar kecilnya penghasilan dari reels fcebook. Semakin banyak viewers atau penonton yang antusias dengan video reels Anda, maka bukan hal yang mustahil semakin besar penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

Mengapa ini menjadi paling dominan dalam menentukan hasil ? Tentu saja ini disebabkan advertiser atau pengiklan akan bersedia membayar lebih, agar produk yang dipasarkannya dapat menjangkau lebih banyak orang.

Bayangkan saja jika Anda adalah advertiser atau pemasang iklan, apakah Anda akan rela mengeluarkan biaya besar untuk menjangkau beberapa orang saja? Tentu tidak,bukan?

Menurut beberapa sumber informasi yang pernah Saya baca, bahwa rata-rata penghasilan dari 1 juta penonton video reels Facebook adalah sekirar 100-1.000 dolar. Tetapi, nilai itu bukan nilai yang konstan atau tetap. Ada banayak faktor yang akan membuat nilai tersebut bisa lebih besar atau bahkan lebih kecil.

Nah, agar postingan atau video reels Anda dapat menjangkau banyak pengguna facebook, silahkan baca tulisan Saya sebelumnya, disini.

# Durasi Video

yang tak kalah penting adalah durasi atau panjang pendeknya waktu tonton sebuah video. Hal ini juga bisa mempengaruhi penghasilan dari video reels Facebook. Video reels dengan durasi lebih panjang biasanya memiliki nilai CPM (cost per mille) yang lebih tinggi. Hal ini karena pengiklan akan memiliki lebih banyak ruang untuk menayangkan iklan di video yang lebih panjang. Jadi manfaatkan durasi 1 menit yang disediakan facebook reels.

Nilai CPM adalah jumlah uang yang dibayarkan pengiklan untuk menampilkan 1.000 impresi iklan di konten. Pada umumnya, nilai CPM iklan in-stream di video reels Facebook adalah sekitar 0,10-0,20 dolar. Artinya, jika video reels memiliki 1 juta penonton, maka taksiran penghasilan yang didapatkan sekitar 100-200 dolar.

Namun, perlu diingat bahwa durasi video yang terlalu panjang juga bisa membuat penonton bosan dan berhenti menonton. Oleh karena itu, penting untuk membuat video reels yang berdurasi cukup panjang untuk menayangkan iklan, tetapi tidak terlalu panjang sehingga membuat penonton bosan.

# Engagement

Sebagai sedikit pengantar, yang dimaksud engagement disini adalah istilah yang digunakan untuk mengukur seberapa aktif pengguna media sosial dalam berinteraksi dengan konten yang di-posting oleh merek atau akun media sosial tertentu.

Engagement ini juga bisa mempengaruhi besar kecilnya penghasilan dari video reels Facebook. Video reels dengan engagement yang tinggi, seperti jumlah like, komentar, dan share, juga biasanya memiliki nilai CPM yang lebih tinggi. Hal ini karena video yang menarik dan melibatkan penonton akan lebih menarik untuk dimonetisasi oleh pengiklan.

Untuk meningkatkan engagement video reels facebook, Anda dapat menerapkan beberapa langkah berikut ini :

Ini sedikit tips untuk meningkatkan egagement video reels facebook Anda.

  • Buatlah video yang menarik dan melibatkan penonton. Video yang menarik akan membuat penonton ingin berinteraksi dengan video Anda, misalnya dengan memberikan like, komentar, atau share.
  • Gunakan hashtag yang relevan. Hashtag dapat membantu video yang Anda posting ditemukan oleh orang-orang yang tertarik dengan topik yang sama. Hastag merupakan sebuah kata atau kalimat yang didahului tanda pagar (#)
  • Buatlah konten yang bermanfaat atau menghibur. Konten yang bermanfaat atau menghibur akan lebih cenderung menarik perhatian penonton dan membuat mereka ingin berinteraksi dengan video Anda. Tapi jangan membuat postingan yang kontroversial, agar tidak menjadi bumerang bagi Anda sendiri dikemudian hari.

# Target Audiens

Penonton yang sesuai sasaran postingan juga dapat mempengaruhi penghasilan dari video reels Facebook. Target audiens yang tepat sasaran dengan target pasar pengiklan akan memiliki nilai CPM yang lebih tinggi. Hal ini karena pengiklan akan lebih tertarik untuk menjangkau audiens yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk tertarik dengan produk atau layanan mereka.

Anda bisa menargetkan audiens berdasarkan demografi, minat, atau lokasi. Misalnya, jika Anda menjual produk kecantikan, maka Anda bisa menargetkan audiens wanita usia 18-35 tahun yang tertarik dengan kecantikan. Tentu saja konten yang harus Anda publikasikan juga harus sesuai dengan target yang Anda inginkan.

Sebagai contoh, Anda bisa memposting seputar tips kecantikan, cara make up, dan lain-lain.

# Lokasi Audiens

Lokasi dari udiens juga dapat mempengaruhi nilai CPM. Pengiklan biasanya akan bersedia bayar lebih untuk menjangkau audiens di lokasi yang memiliki daya beli yang tinggi. Untuk melihat data lokasi audiens, Anda dapat melihatnya di fitur insight facebook.

Hal inilah yang membuat perbedaan nilai sebuah iklan di beberapa Negara. Pada umumnya di negara maju akan memiliki nilai cpm lebih tinggi dari negara-negara berkembang. Misalnya di Amerika nilai cpm nya lebih tinggi dari pada di Indonesia.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan penghasilan dari video reels Facebook:

  • Buatlah video yang berkualitas dan menarik. Ini adalah faktor yang paling penting untuk meningkatkan penghasilan dari video reels Facebook.
  • Promosikan video agar dilihat oleh banyak orang. Anda bisa mempromosikan video di media sosial, di website, atau di tempat-tempat lainnya.
  • Bergabunglah dengan program monetisasi Facebook Reels. Program ini memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di video reels Anda.
  • Analisis data insight untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penghasilan. Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penghasilan, maka Anda bisa membuat strategi yang lebih tepat untuk meningkatkan penghasilan dari reels.

Setelah Anda mengetahui beberapa faktor yang menjadi pengaruh besar atau kecilnya penghasilan dari reels facebook dan juga tips singkat untuk memaksimalkan penghasilan Anda, diharapkan semua kerja keras Anda terbayarkan dengan memuaskan. Selamat berjuang.

Posting Komentar untuk "BACA INI : Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan Video Reels Facebook"