Home » , , » Cara Tes Kecepatan Loading Blog Paling Mudah

Cara Tes Kecepatan Loading Blog Paling Mudah

Cara tes kecepatan loading blog memang harus diketahui semua pemilik blog karena Salah satu faktor yang harus di perhatikan dalam membuat blog adalah Kecepatan blog dalam memuat konten yang disajikan,di samping kualitas konten yang juga harus di maksimalkan.

Proses loading blog sendiri merupakan faktor penting bagi kenyamanan pengunjung.jika loadingnya berat,hampir bisa di pastikan pengunjung akan meninggalkan blog kita.Cara tes kecepatan loading blog ini paling mudah dilakukan,Anda hanya perlu membaca tutorial ini untuk mengetahui seberapa cepat proses muat blog Anda.

Mengapa hal ini perlu dilakukan?,tentu karena di era yang serba instan seperti sekarang semua harus bisa tersaji dengan cara singkat dan cepat.Sebuah Blog harus mampu memenuhi kriteria ini.

Oleh sebab itu,proses muat konten Blog wajib diperhatikan,tentu dengan harapan pengunjung akan melanjutkan mengunjungi situs Anda dan mereka akan merasa nyaman untuk berlama-lama menjelajahi konten yang kita sajikan.

Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan loading blog tersebut.di antaranya penggunaan javascript,css,gambar dan juga tak kalah penting adalah server.

Penggunaan javascript/css yang terlalu banyak dan file gambar yang terlalu besar tentu akan memperlambat performa blog.jadi sebisa mungkin minimalkan penggunaan javascript/css.

Saran saya gunakan template yang simple saja.karena biasanya hanya sedikit menggunakan file javascript/css.

Untuk gambar juga sama,sebaiknya sebelum di upload usahakan di perkecil ukuran file nya atau di kompres terlebih dahulu.

Terus bagaimana cara melihat performa blog kita?,ya....silahkan buka blog Anda langsung.lalu rasakan dan resapi apa yang akan Anda lakukan jika Anda berposisi sebagai pengunjung.
atau gunakan jasa situs penyedia layanan tes performa blog atau website.

Dalam hal ini kita bisa memakai jasa GTmetrix.com.
kunjungi situsnya kemudian silahkan di isi kolom yang sudah di sediakan dengan blog yang ingin anda tes kecepatan loading nya.selanjutnya klik Analyze.
(lihat gambar)
cara tes kecepatan loading blog

Cara tes kecepatan loading blog pada image di atas akan memuat hasil proses
Sebagaimana contoh gambar di bawah ini.tampak hasil analisa GTmetrix untuk blog yang sedang Anda kunjungi ini.
tes kecepatan loading blog
Kecepatan loading blog yang ditampilkan Pada gambar di atas menunjukkan hasil skor kecepatan 86%,kecepatan loading blog 2,8 detik dari ukuran file blog 1,6MB dan 80 request.

Nah sekarang saatnya anda tes kecepatan loading blog anda,jika di rasa terlalu berat,maka perhatikan faktor penyebab beratnya loading blog,seperti yang sudah saya bahas di awal tadi.

Untuk sementara kali ini Saya hanya berbagi Cara Tes Kecepatan Loading Blog dan selanjutnya akan Saya share cara mempercepat loading di lain kesempatan.
Anda baru saja membaca : Cara Tes Kecepatan Loading Blog Paling Mudah

Artikel Terkait

Newest
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment