Bendung Gerak Sembayat Destinasi Wisata di Gresik

Bendung Gerak Sembayat Destinasi Wisata di Gresik -  Bendung Gerak Sembayat Kabupaten Gresik Jawa Timur merupakan sebuah bendungan yang membelah bengawan solo dan berfungsi sebagai sumber irigasi alami sekaligus untuk memasok kebutuhan baku PDAM di Kota Gresik.

Lokasi bendung gerak sembayat

Pemerintah mulai melakukan pembangunan Bendung Gerak Sembayat  atau BGS ini pada tahun 2011 yang lalu dengan memakai dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Total anggaran untuk membangun BGS tersebut, Pemerintah menganggarkan dana sebesar 720 Miliar Rupiah. (sumber : simantu.pu.go.id)

BGS sendiri dibangun dengan tujuan untuk menyediakan air baku. untuk itu didalam bendung tersebut dibuatlah tampungan long storage yang mampu menampung air baku hingga 10.000.000 m3 (sepuluh juta meter kubik).

Manfaat Bendung Gerak Sembayat Untuk Masyarak Sekitarnya

Pembangunan BGS ini tentu bukan tanpa maksud atau tujuan,bukan pula sekedar untuk destinasi tempat wisata. Ada manfaat yang lebih penting lagi. Berikut ini manfaat adanya BGS, antara lain :

  1. Sumber air irigasi yang mampu mencukupi lahan sekira 800 ha.
  2. Untuk irigasi pompa sekitar 3.569 ha.
  3. Sebagai sumber untuk suplai kebutuhan air domestik dan industri.
  4. Menghindari terjadinya instrusi air laut.

Nah untuk poin ke 4 ini,yakni mencegah terjadinya instrusi air laut. Intrusi air laut ini merupakan pergerakan air laut (air asin ) yang mengalir ke dalam akuifer air tawar dan mengkontaminasi air tawar tersebut hingga menjadi asin.

Hal ini lah yang bisa menyebabkan bengawan solo tiba-tiba dangkal bahkan bisa saja mengering jika antisipasi intrusi air laut ini berlangsung dalam waktu yang lama.

BGS Bisa Menjadi Destinasi Wisata di Gresik

Selain manfaat yang disebutkan di atas,bendung gerak sembayat yang berlokasi di Desa Sidomukti,Bungah,Gresik ini juga dapat dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi.

bendung gerak sembayat gresik jawa timur

Hal ini disebabkan karena Kecenderungan Manusia modern sekarang ingin lebih dekat dengan alam. Tentu BGS dapat dimanfaatkan untuk menarik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kota Gresik. Sehingga mampu mendongkrak perekonomian warga setempat,ini yang terpenting.

Apalagi,Kota Pudak ini,setahu Saya hanya ada beberapa saja tempat wisatanya. Sepengetahuan Saya pribadi hanya bisa dihitung dengan jari. Itu pun masih belum menjamin bisa menarik minat wisatawan nasional. Ini hanya sebatas argumentasi pribadi,jika salah mohon dimaafkan.

Menuju Lokasi Bendung Gerak Sembayat

Untuk menuju lokasi bendung gerak sembayat ini,Saya pikir tidak akan ada kesulitan bagi siapapun untuk menjangkaunya. Bahkan oleh Anda yang belum pernah datang ke wilayah ini sekalipun.

Lokasi bendungan gerak sidomukti atau BGS yang membelah bengawan solo sendiri memang berlokasi ditempat yang cukup strategis. Pasalnya,jarak dari jalan utama yang menghubungkan antara kecamatan Bungah dan Dukun tidak terlalu jauh,sekira 200 Meter saja.

Jalan ke lokasi bendung gerak sembayat Jika Anda datang dari arah Kecamatan Bungah,silahkan Anda ikuti saja jalan utama tersebut hingga menuju desa Sidomukti.

Desa perbatasan kecamatan Bungah dan Kecamatan Dukun ini ditandai dengan adanya Gapura besar yang memudahkan Anda untuk menemukan tempat tersebut.

Jangan lupa juga,kalau Anda kebetulan berniat berkunjung ke bendung gerak sembayat,sempatkan pula mengunjungi Wisata lain yang tak jauh lokasinya dari BGS,yakni Wisata Banyu Biru Lowayu yang berada di Kecamatan Dukun,sekaligus pula ke Wisata Religi Gunung Surowiti Panceng yang juga tak terlalu jauh lokasinya.

Posting Komentar untuk "Bendung Gerak Sembayat Destinasi Wisata di Gresik"