Tanaman Herbal Penurun Panas yang Ada di Sekitar Kita

tanaman herbal penurun panas

Tanaman Herbal Penurun Panas - Jenis obat dari tanaman herbal tradisional untuk mengatasi demam sebenarnya banyak jumpai di sekitar Kita.

Namun karena keterbatasan pengetahuan Kita akan manfaat dari tumbuh-tumbuhan tersebut, tak jarang Kita mengabaikan tanaman obat tradisional tersebut.

Kebanyakan dari Kita, bahkan Saya sendiri pun lebih memilih gampangnya saja. Yakni dengan membeli dan mengonsumsi obat herbal pereda demam yang dijual bebas di pasaran. Selain gampang nyarinya, obat-obat tersebut memang diklaim bisa menyembuhkan demam.

Lha bagaimana lagi ? wong namanya nggak tahu, ya harap maklum,hehehe..

Oleh karenanya, pada artikel kali ini akan membahas seputar tanaman yang bermanfaat sebagai obat herbal untuk menurunkan panas atau demam.

Demam dan Pertolongan Pertama untuk Penderitanya

Sebelum lebih jauh lagi membahas tanaman apa saja yang dapat digunakan untuk menurunkan panas, nggak ada salahnya kalau dibahas terlebih dahulu dulu "apa itu Demam" ?

Demam adalah suatu bentuk reaksi kekebalan tubuh terhadap infeksi, baik yang disebabkan oleh virus, bakteri, maupun parasit. Suhu tubuh manusia normal adalah sekitar 37°C.

Namun saat demam, suhu tubuh bisa meningkat sekitar 1 - 5oC. Saat demam, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meredakan demam, antara lain:

  • Minum banyak air , minimal 8 gelas (sekitar 2 liter) sehari.
  • Istirahat yang cukup. Saat sakit, tubuh membutuhkan tidur yang cukup (minimal 8 jam).
  • Mandi dengan air hangat , Gunakan kompres demam dengan air suhu ruangan (bukan air dingin atau panas).
  • Aneka Obat Demam Tradisional , Sebenarnya demam tidak perlu selalu diobati dengan obat penurun demam. Jika demamnya ringan (tidak lebih dari 38,5°C), langkah pengobatan sederhana dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih, istirahat, atau minum obat demam tradisional.

Namun, jika peningkatan suhu tubuh sudah mencapai 38,5 °C atau lebih, maka penanganan medis perlu segera dilakukan.

Anda dapat menggunakan obat tradisional terlebih dahulu, berikut beberapa pilihan obat dari tanaman herbal penurun panas tradisional yang bisa Anda cobab :

Jenis Obat dari Tanaman Herbal Tradisional Untuk Mengatasi Demam

Nah sekarang saatnya membahas tanaman herbal penurun panas yang ada di sekitar Kita :

# Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit ini juga bermanfaat untuk menurunkan demam dan juga dipercaya untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti pilek, sakit tenggorokan, infeksi, dan hipertensi.

# Daun Sambiloto

Daun sambiloto ini Meski rasanya sangat pahit, kandungan yang ada di dalam daun ini bermanfaat untuk mengatasi demam.

Daun sambiloto juga dikenal secara tradisional untuk mengobati batuk, pilek, gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, dan sinusitis.

# Daun Pegagan

Pegagan (Centella asiatica) banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa gangguan kulit, seperti eksim dan psoriasis, membantu penyembuhan luka, dan menyamarkan bekas luka.

Karena sifat anti inflamasi dan antibakterinya, daun pegagan juga dianggap baik untuk obat demam tradisional.

#Ginseng

Ginseng merupakan tanaman herbal asal Korea. Tanaman ini memiliki efek anti inflamasi dan antibakteri ini baik untuk meredakan demam. Selain itu, ginseng juga digunakan secara tradisional untuk mengobati nyeri dan ejakulasi dini.

Demikian ulasan tentang Jenis Tanaman Obat Herbal Tradisional Untuk Mengatasi Demam semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tanaman Herbal Penurun Panas yang Ada di Sekitar Kita"