Home » , » 6 Tips Agar Kerja Tetap Semangat

6 Tips Agar Kerja Tetap Semangat

Agar Kerja Tetap Semangat

Bagaimana sih agar tetap semangat ketika sedang bekerja?,jawabannya tentu berbeda-beda jika di dasari pada pengalaman pribadi masing-masing.demikian juga dengan jawaban yang akan saya bagikan untuk Anda dalam bentuk artikel pendek kali ini.bisa jadi berbeda dengan artikel yang pernah Anda baca sebelumnya.karena sekali lagi saya tekankan bahwa akan terjadi perbedaan jika tips untuk menjaga konsistensi semangat ketika sedang bekerja ini berdasar pada pengalaman pribadi

Sebelum di lanjut membahas tips agar tetap semangat bekerja,simak dulu apa yang di katakan Konghucu berikut ini.

“Pilihlah pekerjaan yang kamu cintai dan kamu tidak akan pernah merasa harus bekerja seumur hidupmu"

Maksud Konghucu tersebut adalah Anda di anjurkan untuk mencari pekerjaan yang pas,dalam arti mencari pekerjaan yang Anda sukai,maka dengan pekerjaan yang sudah sesuai harapan dan sekaligus yang di sukai,tentunya Anda tidak akan pernah merasa bahwa Anda sedang bekerja.pekerjaan tersebut serasa hobby yang tidak akan pernah mengendorkan semangat kerja.

Apabila mengalami kesulitan dalam menemukan pekerjaan apa yang di maksud.maka pekerjaan tersebut jangan di cari,tapi ciptakan.ini akan membuat kreativitas meningkat dan tidak berujung pada sikap ketergantungan kepada orang lain.

Oke,sekarang saatnya saya akan berbagi tips untuk mempertahankan semangat kerja.tentunya tips ini berdasarkan pada pengalaman Saya pribadi :

1. JADIKAN PEKERJAAN ANDA SEBAGAI HOBBY

Hobby adalah Aktivitas yang menjadi kesukaan dan minat Anda.biasanya aktivitas tersebut akan di lakukan setiap kali ada kesempatan.bahkan tidak jarang kesempatan akan di cari untuk sekedar menikmati hobby.

Ambilah sebuah contoh,karena saya suka otak-atik blog,bisa di bilang hobby saya adalah nge-blog.setiap kali ada waktu luang,tidak pernah saya sia-siakan,pasti saya akan bergulat dengan segala sesuatu yang ada sangkut pautnya dengan dunia blogging.

kebiasaan tersebut tidak pernah membuat saya malas,malahan level semangat kian menggebu seiring bertambahnya pengetahuan baru.
Mengapa tetap semangat?alasannya sudah pasti karena aktivitas ini saya sandarkan pada "hobby".

Nah,jika Anda ingin tetap semangat dalam pekerjaan yang sedang Anda jalani.paksa pekerjaan tersebut menjadi hobby.

Lalu bagaimana jika perkerjaan yang sedang Anda jalani saat ini, sejak awal tidak di sukai?jawabannya gampang,tinggalkan saja pekerjaan itu,beres kan...?

Itu pun kalau Anda benar-benar merasa terpaksa dengan profesi tersebut,dan tidak punya niatan kuat untuk menekuninya lagi.
Namun sebaliknya,jika masih punya hasrat untuk menekuninya,cobalah untuk mencintainya sedikit demi sedikit.

Memang tidak gampang,setidaknya dengan membiasakan diri mencintai profesi Anda setiap harinya,di dalam tubuh Anda akan terbentuk Myelin baru berupa perasaan cinta akan profesi yang sekarang Anda geluti.

Untuk membentuk Myelin tersebut juga butuh usaha yang lumayan berat juga,butuh kesabaran ekstra untuk di lakukan secara istiqomah sampai benar-benar terbentuk sempurna.sebuah kesempurnaan Myelin cinta pekerjaan.hal ini sejalan dengan pepatah jawa,"Wit Ing Tresno Jalaran Soko Kulino".yang artinya cinta di awali oleh kebiasaan.

dengan mencintai pekerjaan,maka akan menghasilkan karya-karya yang mengagumkan.hal ini senada dengan ungkapan yang di lontarkan pemilik Microsoft,Steve Jobs.
Orang yang masuk kategori orang terkaya di dunia tersebut mengatakan,

"Satu-satunya jalan untuk menghasilkan karya hebat adalah dengan mencintai apa yang Anda kerjakan".

Jadi,Mulai detik ini,cobalah cintai dan jadikan pekerjaan sebagai hobby,agar semangat kerja tetap berkobar setiap hari.

2. JANGAN TIDUR TERLARUT MALAM

Begadang terkadang sulit terhindarkan.bisa karena tugas pekerjaan yang berjibun segingga oleh atasan Anda di haruskan untuk lembur, atau sekedar bercengkerama dengan sahabat untuk sekedar menghilangkan penat.hal ini sering kali di lakukan tanpa berfikir apa efek negatif yang akan di hasilkan jika seseorang tidak cukup tidur?.

Untuk mengetahui efek negatif apa saja yang akan Anda dapatkan jika tubuh kurang tidur :

  • Kurang tidur bisa menyebabkan Menurunnya konsentrasi yang pada akhirnya akan mempengaruhi efisiensi dan produktivitas Anda dalam kerja.
  • Mengalami penurunan Sistem Imun,yang pada akhirnya akan menyebabkan tubuh rentan terseserang penyakit.
  • Kurang tidur akan memicu tidak stabilnya sisi psikologis.biasanya orang yang porsi tidur hariannya minimal akan memiliki sifat mudah marah,stress,gampang tersingggung
  • Kekurangan Porsi tidur juga akan mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh.dalam hal ini yang paling sering di alami adalah timbulnya jerawat,kenaikan berat badan,sakit kepala,gangguan fungsi hati,dan beberapa penyakit lainnya.

Menurut penelitian para ahli,bahwa porsi tidur ideal yang harus di penuhi oleh seseorang adalah 9 jam dalam sehari agar fungsi-fungsi organ tubuh tetap stabil.kalaupun tidak dapat memenuhi porsi tidur ideal tersebut,setidaknya 7 jam sehari sudah cukup.

Jika Anda cukup tidur,dampaknya akan bisa Anda rasakan ketika Anda melakukan aktivitas pekerjaan harian.tidak akan mudah lelah,tidak mudah mengalami stres,tidak mudah sakit,dan yang terpenting lagi Anda akan tetap semangat menunaikan kewajiban dalam usaha mencari nafkah lahir.

3. BANGUN LEBIH PAGI

Bangun tidur lebih awal akan memberi kesempatan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang di butuhkan dalam aktivitas kerja yang akan Anda tunaikan.bayangkan jika Anda bangun kesiangan,tentu dalam mempersiapkan segala sesuatu yang di butuhkan dalam pekerjaan Anda akan terburu-terburu,hal ini tentu akan memberi tekanan tersendiri bagi sisi psikologis.

Selain itu,dengan bangun lebih awal Anda akan berkesempatan menikmati segarnya udara pagi yang masih minim polusi.dan harapannya,agar kerja tetap semangat.

4. SEMPATKAN BEROLAHRAGA

Olahraga merupakan gerakan olah tubuh yang bisa memberi efek secara menyeluruh pada tubuh.dengan berolahraga bagian tubuh seperti otot dan bagian lainnya akan menerima rangsangan untuk bergerak.sehingga akan membuat tubub Anda Rileks saat beraktivitas/kerja.

Mengapa Olahraga?dan apa pula pentingnya bagi tubuh manusia pada khususnya?

Coba Anda cermati ilustrasi mengenai olahraga berikut ini.

Layaknya mesin,jika mesin tersebut jarang atau bahkan tidak pernah sama sekali di gunakan,lambat laun kinerjanya akan kian melambat dan dampak terburuknya mesin tersebut tidak akan bisa di operasikan lagi.

Tak jauh beda dengan mesin,tubuh manusia juga akan mengalami hal yang sama jika jarang di gerakkan.tubuh pun akan mengalami banyak masalah,khususnya masalah kesehatan.

Dengan berolahraga,otot-otot akan lebih terlatih, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar,sehingga proses metabolisme dalam tubuh bisa di optimalkan.selain itu,Tubuh juga akan terasa segar.pusat saraf pada tubuh manusia --dalam hal ini otak-- akan bekerja lebih baik lagi.

5. SARAPAN PAGI SEBELUM BEKERJA

Sarapan atau makan pagi menjadi salah satu bagian terpenting yang harus Anda lakukan sebelum memilai aktivitas.

Akan berdampak Negatif jika Anda melewatkan sarapan ini.beberapa riset juga pernah di lakukan oleh praktisi kesehatan.salah satu contohnya riset atau penelitian yang di lakukan di Negeri Paman Sam,Amerika Serikat,tepatnya di Universitas Alabama.

Hasil penelitiannya menyebutkan bahwa,melewatkan sarapan tidak berpengaruh pada berat badan.jika Anda melewatkan sarapan tersebut dengan maksud untuk Diet,maka itu salah besar.

Jangan biasakan untuk itu,karena efek negatif tidak sarapan akan segera Anda rasakan dengan mengalami beberapa gangguan kesehatan,baik fisik maupun psikis.seperti Diabetes,gangguan jantung,daya konsentrasi dan kognitif menurun,dan emosi tidak stabil.

selanjutnya poin terakhir,dan bagi saya ini adalah salah satu yang wajib di lakukan sebelum memulai aktivitas kerja.

6. SEMPATKAN MINUM SECANGKIR KOPI

Minum secangkir kopi adalah kewajiban bagi saya sebelum memulai aktivitas kerja.salah satu manfaatnya bisa mengurangi rasa kantuk.hal ini di sebabkan oleh kandungan zat yang ada pada kopi tersebut.

Seperti yang sudah si ketahui secara umum,bahwa kopi mengandung Kafein yang termasuk zat psikoaktif.

Zat psikoaktif merupakan zat kimia yang masuk ke dalam tubuh melewati sawar otak atau penghalang darah di otak (blood-brain barrier), dan bereaksi terutama pada sistem saraf pusat (central nervous system) yang mempengaruhi fungsi otak, mengakibatkan perubahan dalam persepsi, suasana hati, kesadaran, kognisi hingga perubahan perilaku.(sumber :Kapeta.org)

dengan minum kopi,yang segera saya rasakan adalah suasana hati yang lebih rileks,tingkat konsentrasi saat bekerja relatif konsisten.dan yang terpenting lagi,kerja bisa tetap semangat.

Thanks for reading & sharing 6 Tips Agar Kerja Tetap Semangat

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment