Home » , » Cara menghasilkan uang dari blog

Cara menghasilkan uang dari blog

Masa sih blog bisa menghasilkan uang?.itu pertanyaan saya beberapa tahun yang lalu,kalau tidak salah ingat sekira tahun 2009 lah.karena saking penasaranya,hampir tiap malam saya nongkrong di warnet hanya sekedar untuk browsing informasi seputar menghasikan uang dengan blog.maklumlah...tahun sekian itu,untuk akses internet saya mengandalkan jasa warnet.gimana lagi,wong komputer saja tak punya.

Namun,lain dulu lain sekarang.seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini,akses internet tidak seperti dulu.sekarang saya tak perlu lagi sok disiplin duduk manis di depan komputer warnet,karena hanya dengan handphone android saja saya sudah bisa menjelajah apapun yang saya inginkan di dunia internet ini.bahkan,untuk membuat dan mengotak-atik sekaligus posting artikel di blogspot ini,saya mengandalkan handphone android.bisa di bilang 70% lebih aktivitas blogging saya kerjakan via aplikasi handphone android yang sedang naik daun ini.

Kembali ke topik yang sebenarnya ingin saya bahas kali ini.yakni mengenai pertanyaan bagaimana cara menghasilkan uang dengan blog?.

Setelah saya cari info kesana kemari,ternyata memang benar bahwa hasil tidak akan menghianati usaha.Jawaban dari bagaimana cara menghasilkan uang dengan blog pun ketemu juga.

Dan dari banyaknya jawaban yang berhasil saya himpun,saya dapat mengambil kesimpulan bahwa menghasilkan uang melalui blog ternyata butuh kerja keras,tidak semudah yang saya bayangkan sebelumnya.

Bayangan saya sebelumnya,setelah membuat blog saya bisa ongkang-ongkang nunggu transferan uang.kalau model seperti ini sih,pelihara tuyul saja.hehehehehee.....

Kalau boleh saya ibaratkan,blog itu seperti lahan sawah.selama lahan sawah tersebut di biarkan tanpa di olah dan di tanami benih tanaman,tentu saja sawah tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa,alias tidak produktif.jadi,harus butuh kerja keras dari pemilik sawah,dalam hal ini petani,untuk menggarap lahanya tersebut.

Untuk menggarap sawahnya,petani juga butuh pelengkap aktivitas bertaninya.seperti alat pertanian,benih tanaman,tenaga,dan juga waktu.
masing-masing faktor pelengkap juga saling mendukung satu sama lain,dan bertransformasi menjadi sebuah tim.dimana semua faktor pendukung tersebut tak bisa di kesampingkan begitu saja salah satunya.bagaimana?faham gak dengan keterangan saya tersebut?kalau belum,lanjutkan membaca artikel ini.hehehehehehehehe......

Tak jauh beda dengan lahan sawah,blog juga sama persis.jika blog tidak di garap,atau di biarkan begitu saja tentu tidak akan menghasilkan apa-apa.

Dan untuk menggarap blog,sang empunya atau istilah kerennya blogger,juga butuh pelengkap untuk aktivitas bloggingnya.paling tidak blogger harus bisa akses internet,entah itu melalui komputer atau handphone seperti saya ini.baik itu pinjam atau milik sendiri.
Yang jelas untuk menghasilkan uang dari blog,seorang blogger wajib aktif,tidak sebaliknya pasif.

CARA MENGHASILKAN UANG DARI BLOG

Nah,sekarang saatnya sedikit saya tuliskan cara menghasilkan uang dari blog.tapi,sekali lagi perlu di ingat bahwa,faktor penentu paling utama adalah kreatifitas blogger sendiri.blog hanya sebatas alat yang bisa kita manipulasi.woooww.....bahasanya agak berat bagi saya,sekaligus gak yakin benar atau salahnya.huahuahuahua.......

Tuh kan.......ujungnya tergantung pemilik blog juga toh........?,ya iya lah.........lha wong yang butuh uang pemiliknya,bukan blognya kan....?heehhehhehehee....

Ya....memang demikian adanya kok,jadi sebenarnya adalah bagaimana cara seorang blogger memperoleh penghasilan dari aktivitasnya tersebut?

Dan berikut ini caranya :

  1. MEMASANG IKLAN PADA BLOG
  2. Memasang iklan pada blog adalah salah satu cara yang di lakukan oleh hampir semua blogger.istilahnya menjadi publisher dari penyedia layanan iklan tersebut. Dan Google Adsense menjadi primadona bagi setiap aktivis dunia maya ini.Mengenai adsense,silahkan Anda baca postingan saya yang membahas seputar google adsense disini 👉 Pengertian Google AdSense.

    Untuk menghasilkan uang dari pemasang iklan,syarat utama adalah meningkatkan jumlah atau traffic pengunjung ke blog kita.tanpa pengunjung,tentu menjadi hal yang sia-sia saja pemasangan iklan ini.bener toh.......?.jadi untuk hal ini kita harus sepakat bahwa Traffic = Income.

  3. MENGIKUTI KONTES SEO
  4. Kontes SEO atau kontes optimasi mesin pencari adalah perlombaan dalam mengoptimasi sebuah keyword atau kata kunci yang telah di tetapkan oleh penyelenggara.

    Kontes SEO ini mewajibkan pemilik blog untuk menggunakan web atau blognya sebagai sarana.maksudnya,peserta di wajibkan membuat artikel di blognya sendiri dengan optimasi kata kunci yang telah di tentukan.

    Pemenang di ambil dari situs web atau blog yang mampu tampil di halaman pertama dan pada urutan pertama,tentunya dari hasil pencarian menggunakan kata kunci yang di maksud.juga dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan penyelenggara. sasarannya biasa di mesin pencarian Google,Bing,dan Yahoo.

    Tapi,untuk mengikuti kontes SEO semacam ini,Anda harus berhati-hati.ikutilah kontes SEO yang tidak melanggar ketentuan penggunaan Blogger (Jika Anda pengguna Blogger). Jangan terlalu berlebihan dalam meng-Optimasi blog demi mengejar posisi di halaman pertama mesin pencarian.semisal melakukan black hat SEO yang akan berakibat fatal bagi eksistensi Blog Anda.Karena sewaktu-waktu Blog Anda bisa di delete Google tanpa pemberitahuan sebelumnya.

  5. MENGIKUTI KOMPETISI BLOG
  6. Kompetisi blog atau bahasa kerennya Blogging Competition,kalau gak salah sih.........hehehehehehe...... Kompetisi semacam ini,hampir sama dengan kontes SEO.yakni sama-sama memakai kata kunci yang sudah di tetapkan penyelenggara dengan batas waktu kompetisi yang sudah di tentukan pula.

    Bedanya,pada blogging competition ini penilaianya di titik beratkan pada orisinalitas artikel yang di ikut sertakan dalam kompetisi tersebut.selain keaslian artikel,penilaian juga meliputi keunikan,ide,kreativitas,dan tentunya tata bahasa.Pemenang tidak di tentukan dari blog yang berhasil nangkring di peringkat pertama dan halaman pertama mesin pencarian seperti Google.Jadi Anda tidak terlalu di pusingkan dengan teknik-teknik SEO yang harus di terapkan.

  7. MENYEDIAKAN JASA SEO
  8. Untuk poin ini sih....tentu hanya untuk para pakar SEO saja kali,soalnya untuk menyediakan jasa SEO butuh keahlian khusus yang tidak semua orang mampu melakukanya.apalagi saya yang masih dalam tahap belajar ini.ya....saya ngaku saja dari pada nanti Anda salah sangka,hehehehehehehe......

    Apa sebenarnya SEO itu ? Kata SEO berasal dari Search Engine Optimization atau istilah lainnya optimasi mesin pencari. Berarti SEO merupakan langkah-langkah yang dilakukan secara sistematis dan bertahap yang bertujuan untuk meningkatkan atau mendapatkan pengunjung dari mesin pencari atau search engine ( Google, Yahoo, MSN ) menuju alamat situs tertentu berdasarkan kata kunci yang dicari dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

  9. MEMBUKA JASA PENULISAN ARTIKEL
  10. Menulis artikel bisa di bilang wajib bagi blogger,tanpa kemampuan ini terus blog mau di isi apa coba? video...?foto...?,kenapa gak jadi photographer saja.hehehehehhehe.......

    Untuk menulis artikel memang butuh keahlian,tapi Anda tak perlu menunggu jadi ahli untuk menulis artikel.tulis sebisanya saja seperti saya ini.asal tulis saja,yang penting bukan hasil copy paste ya.........

    Selain menulis artikel untuk mengisi blog pribadinya,tidak sedikit blogger yang memanfaatkan keahlian menulis untuk menjual artikelnya.atau bahasa halusnya membuka jasa penulisan artikel untuk orang lain.tentu dengan uang jasa sesuai kesepakatan.

  11. JUAL THEMPLATE BLOG
  12. Blogger yang sudah berkategori master,seperti bukan saya ini hehehhehehehehe..... Mendesign themplate blog sudah menjadi profesi yang lazim di lakukan.hebatnya mereka seringkali membuat themplate blog untuk di bagikan secara gratis untuk blogger lain.

    Namun,ada versi themplate premiumnya juga yang harus di mahar dengan nominal uang yang mereka tentukan.untuk themplate blogspot harga rata-rata berkisar antara 50ribu hingga 500ribu Rupiah per themplatenya.

Nah.....lagi-lagi nah.....heheheehhe....itulah beberapa cara blogger menghasilkan uang dari blog.intinya....menghasilkan atau tidak suatu blog,menurut saya adalah tergantung pada seberapa aktif si empunya lahan (blog) tersebut.

Jika Anda masih mengetahui sumber penghasilan lain bagi blogger,silahkan Anda tambahi ya....maklum blogger pemula seperti saya ini masih banyak butuh saran dan kritik,tentu dengan harapan untuk perkembangan diri saya pribadi pada khususnya.

Terima kasih atas atensinya,selamat ngeblog ria........!!!!

Thanks for reading & sharing Cara menghasilkan uang dari blog

Previous
« Prev Post

3 komentar:

  1. Mantap informasi nya gan, kunjungi juga www.bekragu.com ya

    ReplyDelete
  2. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman swasta telah membuka kesempatan finansial bagi siapa pun yang membutuhkan bantuan finansial. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, firma dan perusahaan dengan syarat dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti hanya dengan suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail agar kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: ([email protected])

    ReplyDelete